Banner IDwebhost

Kedelai Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol

  • 3 min read
  • Okt 14, 2020
Kedelai Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol ragam kesehatan diet kolesterol pola hidup sehat

Sahabat, Dengan menkonsumsi kedelai dan kacang-kacangan berprotein dapat menurunkan kolesterol. Terbukti, orang yang mengikuti pola makan kombinasi makanan berprotein, seperti kedelai, kacAang-kacangan, dan kandungan sterol selama enam bulan mengalami penurunan kadar kolesterol lebih drastis ketimbang yang menjalani diet rendah lemak jenuh.

 

Banner IDwebhost

Manfaat Kedelai sebagai Penurun Kolesterol

Sudah cek kadar kolesterol dalam darah Anda? Jika Anda memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, Anda harus segera mencari cara mengatasi hal tersebut. Selain meningkatkan aktvitas fisik, Anda juga perlu memperhatikan makanan yang hendak dikonsumsi. Kurangi konsumsi makanan berlemak yang dapat meningkatkan kolesterol dan perbanyak konsumsi makanan penurun kolesterol, seperti kedelai.
Olahan dari kacang kedelai ini terkenal hingga penjuru dunia. Berasal dari Tiongkok, kedelai punyai banyak manfaat baik untuk tubuh. Di pasaran, banyak mudah didapat susu kedelai dalam kemasan. Selain enak, susu kedelai juga kaya akan manfaat. Selain bisa mengurangi gejala menopause dan menurunkan kadar kolesterol, susu kedelai yang dikonsumsi rutin bisa meredam depresi.

Kedelai mengandung protein dan isoflavon.

Keduanya dapat membantu upaya Anda dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah. Cara mengatasi kolesterol dengan mengonsumsi kedelai juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Pasalnya, kedelai juga mengandung serat dan omega-3 yang baik bagi kesehatan jantung, meskipun kandungan omega-3 dalam kedelai tidak sebanyak yang terdapat pada ikan salmon dan tuna.

beberapa jenis makanan yang mengandung kedelai

Anda dapat memperoleh manfaat dari kedelai melalui beberapa jenis makanan yang mengandung kedelai berikut:
a. Susu kedelai
b. Tahu dan Tempe
c. Edamame
d. Berbagai produk yang menggunakan bahan dasar kedelai, seperti keju kedelai, roti kedelai, dan sereal dari kedelai

Cara mengatasi kolesterol dengan kedelai

Cara mengatasi kolesterol dengan kedelai juga dapat didukung dengan upaya mengurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak hewani. Caranya, Anda dapat mengganti makanan hewani tersebut dengan makanan yang menggunakan kedelai sebagai bahan dasarnya, seperti:
a. Asupan protein yang biasa diperoleh dari daging sapi dapat diganti dengan menggunakan protein dari kedelai.
b. Sosis sapi dapat diganti dengan menggunakan sosis kedelai.
c. Daging ayam berlemak dapat diganti dengan tahu.
d. Snacks atau makanan ringan dapat diganti dengan semangkuk edamame rebus yang segar.

Cara mengatasi kolesterol dengan kedelai tetap harus didukung dengan olahraga dan mengurangi konsumsi makanan tinggi lemak. Jika anda memiliki kadar kolesterol yang jahat atau tinggi, anda harus segera mencari cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Selain mampu meningkatkan aktivitas fisik, anda juga perlu memperhatikan makanan yang ingin di konsumsi. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak yang bisa meningkatkan kolesterol, lebih baik memperbanyak mengkonsumsi makanan penurun kolesterol seperti kedelai.
Manfaat susu kedelai memang sudah cukup terkenal di Indonesia sebagai minuman yang sangat menyegarkan dan baik untuk kesehatan. Susu kedelai merupakan salah satu olahan dari kacang kedelai yang sangat mudah di temukan di manapun. Selain rasanya yang enak, susu kedelai juga mempunyai manfaat yang tak kalah penting untuk tubuh.
Di dalam kedelai terdapat kandungan protein dan isoflavon. Yang mana keduanya bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam darah. Cara mengatasi kolesterol dengan mengkonsumsi olahan kedelai juga bisa mengurangi resiko penyakit jantung. Mengapa bisa begitu ? Karena di dalam kedelai juga mengandung serat dan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung.
Susu Kedelai Bagus Untuk Penderita Kolesterol Karena Bersifat Antikolesterol
Susu kedelai mampu menghalau kolesterol jahat karena mengandung lesitin yang bersifat melarutkan kolesterol di dalam darah, sehingga tidak ada lagi penyempitan dan penyumbatan. Berbeda dengan susu sapi yang memiliki banyak lemak, susu kedelai justru sangat mampu menurunkan kolesterol yang tinggi.
Menurut para ahli mengatakan, di dalam satu gelas susu kedelai terdapat sumber antioksidan potensial. Selain itu juga, susu kedelai sangat kaya akan kandungan isoflavon. Dimana isoflavon sangat bermanfaat untuk mengurangi kolesterol, mengurangi gejala menopause, mencegah osteoporosis, serta mampu mengurangi risiko kanker.
Nah demikianlah merupakan contoh artikel mengenai Kedelai Dapat Menurunkan Kadar Kolesterol yang dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mebentuk badan anda supaya body goals. Jangan lupa jika anda mempunyai tips lain silakan anda share dikolom komentar yah. Semoga artikel saya ini dapat berguna dan bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Banner IDwebhost
Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Banner IDwebhost