Kenali Sakit Pinggang Terlalu Lama Duduk

Sakit Pinggang Terlalu Lama Duduk – Kenali Sakit Pinggang Terlalu Lama Duduk. Sakit pinggang adalah kondisi yang paling banyak dikeluhkan oleh masyarakat, dimana gangguan kesehatan ini terjadi pada pinggang, punggung hingga panggul serta paha yang terasa sakit sangat luar biasa dan terkadang memberikan sensasi yang panas juga kesemutan pada area tersebut.

Hal ini disebabkan oleh susunan fungsi pada tulang belakang dan massa otot yang mengalami penurunan fungsi akibat faktor usia, postur yang salah, jenis kelamin, cedera, ketegangan otot, kelebihan berat badan atau obesitas, aktivitas berlebihan, gangguan sendi, osteoarthritis, syaraf kejepit, ataupun hal lainnya.

Dewasa ini, sakit pinggang tidak hanya dialami oleh orang lanjut usia, tapi juga pekerja muda yang sering menghabiskan waktunya dengan duduk di depan komputer selama berjam-jam. Hal ini disebabkan oleh penurunan dan peningkatan aktivitas pada otot tubuh kita yang tidak seimbang sehingga menyebabkan ketegangan otot pada pinggang meski aktivitas yang dilakukan hanyalah duduk seharian di kantor. Itulah sebabnya penting untuk selalu melakukan peregangan ringan saat di kantor.

sakit pinggang terlalu lama duduk

kenali sakit pinggang terlalu lama duduk

GEJALA AKIBAT SAKIT PINGGANG TERLALU LAMA DUDUK

  1. Gejala yang umum terjadi pada sakit pinggang terlalu lama duduk ini yaitu rasa sakit yang terjadi pada sekitar punggung bagian bawah tulang belakang. Kondisi ini berkaitan denga nyeri otot, ketegangan otot, dan kekakuan pada punggung bagian bawah yang tergolong parah sehingga membuat ketidaknyamanan saat bergerak.
  2. Panas dan kesemutan yang menjalar dari pinggang hingga paha atau kaki. Bila terjadi gejala seperti ini, segerakan untuk memeriksakan kondisi pinggang anda ke dokter atau Fisioterapi. Karena gejala panas dan kesemutan ini adalah tanda adanya iritasi syaraf atau yang biasa kita sebut syaraf kejepit. Ingat! Jangan pernah urut pinggang anda apabila mengalami gejala ini sebelum memeriksakannya lebih lanjut.
  3. Bengkak dan merah. Gejala ini biasanya terjadi pada awal kasus cedera jatuh atau terpukul sesuatu di daerah pinggang dan bokong. Bila terjadi kasus seperti ini, segeralah kompres dengan es batu selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Karena bengkak terjadi Karena adanya pelebaran pembuluh darahpada satu titik tertentu sehingga mengalami penumpukan darah pada satu titik tersebut, oleh karena itu penting untuk dilakukan kompres es agar pembuluh darah kembali normal.

PENYEBAB SAKIT PINGGANG TERLALU LAMA DUDUK

  1. Adanya cedera pada sendi

Pada kasus cedera sendi biasanya terjadi pada orang dewasa khususnya para orang lanjut usia. Hal disebabkan karena bagian sendi pada bagian tulang belakang mendapat tekanan dari tulang rawan hingga merubah posisi syaraf tulang belakang. Kondisi ini terjadi akibat mengangkat bebean yang terlalu berat dan adanya salah gerak saat menjalani aktifitas.

  1. Adanya penyempitan pada tulang belakang

Kondisi penyempitan tulang belakang adalah kondisi dimana syaraf tulang belakang mendapat tekanan dari tulang belakang itu sendiri akibat posisinya yang tidak normal, akibatnya penekanan ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan sakit pada sekitar wilayah pinggang. Biasanya hal ini terjadi apabila pernah mempunyaii riwayat jatuh sebelumnya.

  1. Adanya kelainan postur tubuh

Beberapa kelainan kelainan postur tubuh seperti kiposis, lordosis dan skoliosis, akan menyebabkan sakit pinggang yang berlarut-larut dan semakin parah apabila dibiarkan saja tanpa adanya penanganan medis. Kondisi ini bias terjadi karena bawaa sejak lahir ataupun Karena aktivitas konstan yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama, seperti duduk terlalu lama di depan computer lebih dari 3 jam nonstop atau menyetir.

  1. Obesitas atau kelebihan berat badan

Bagi seseorang yang menderita kelebihan berat badan (obesitas) dapat menyebabkan terjadinya sakit pinggang.  Hal ini terjadi berat badan yang menumpuk tersebut akan memberikan tekanan besar pada semua bagian otot tubuh dan persendian tak terkecuali pada tulang bagian belakang. Akibatnya timbul rasa nyeri dan sakit pada sekita wilayah pinggang seseorang.

  1. Indikasi sakit pada ginjal

Adanya indikasi penyakit ginjal pada seseorang juga bisa menjadi salah satu penyebab sakit pinggang terjadi. Untuk kasus sakit gagal ginjal akut dapat menyebabkan rasa sakit sekitar pinggang menjadi semakin parah pula. Perbedaan sakit pinggang Karena sakit ginjal dan penyebab otot atau tulang adalah apabila seseorang sakit pinggang karena indikasi sakit ginjal, mereka mengalami sakit pinggang yang menusuk dari bagian belakang ke bagian depan. Sedangkan pada kasus sakit pinggang karena sendi, otot, atau tulang, mereka hanya sakit pada pinggang bagian belakang saja.

CARA MENGATASI DAN MENCEGAH SAKIT PINGGANG

  1. Rutin berolahraga

dalam rangka menjaga kelenturan otot dan sendi pada tubuh sehingga otot dan sendi pun bisa melaksanakn fungsinya secara normal.

  1. Menjaga pola makan dan gizi seimbang

hal ini dimaksudkan agar tubuh tercukupi dalam hal gizi dan zat penting lainnya. Bila hal itu terpenuhi, maka secara normal setiap organ-organ tubuh pun berfungsi dengan normal terutama pada tulang.

  1. Selalu menjaga aktivitas tubuh dengan baik

Menjaga setiap aktivitas atau gerak secara baik merupakan salah satu mencegah terjadinya penyakit pinggang pada seseorang. Istirahat secara cukup, menjaga posisi tubuh mulai dari duduk, bersandar, berbaring bahkan saat mengangkat beban berat.

Tak jarang orang mengalami sakit pinggang karena salah posisi saat duduk, berdiri, dan mengangkat beban. Oleh karena itu penting untuk selalu menjaga aktivitas tubuh dengan baik.

  1. Segera periksakan sakit pinggang yang tak kunjung sembuh ke ahlinya

Banyak yang menyelesaikan persoalan sakit pinggang hanya dengan dipijat, terutama mereka yang masih muda. Atau membiarkannya hingga sembuh sendiri. Padahal apabila sakit pinggang cepat diberikan penanganan yang tepat sedini mungkin maka penyembuhannya juga akan semakin cepat. Banyak juga yang berpikir sakit pinggang bias segera sembuh hanya dengan dipijat. Hati-hati! Sakit pinggang yang memburuk setelah dipijat harus anda periksakan ke dokter tulang atau Fisioterapi.

Sekian ulasan artikel dari saya, semoga artikel ini bias menambah wawasan kita semua dan membuat kita lebih bijak dalam menjaga tubuh kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Ditulis oleh Husna (Fisioterapis Klinik Imago Kedoya)

7 Shares
Share6
+11
Tweet
Share
Pin