9 Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga

manfaat pemanasan dan pendinginan

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan – Manfaat Pemanasan dan Pendinginan Saat Olahraga. Saat kita akan menjalankan gaya hidup sehat, berolahraga merupakan salah satu faktor yang penting bagi kesehatan tubuh. Serta dapat menjaga tubuh tetap fit, sehingga dapat terhindar dari berbagai macam jenis penyakit. Selain berguna untuk menyehatkan tubuh, berolahraga juga dapat dilakukan untuk membentuk tubuh. Seperti mengecilkan perut buncit, mengecilkan lengan dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Namun, sebelum dan sesudah berolahraga ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu pemanasan dan pendinginan. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak kita inginkan selama berolahraga seperti cidera otot ataupun tubuh.

Pemanasan merupakan tahapan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan berolahraga. Tahapan ini bertujuan agar otot dan tubuh tidak tegang dan terkejut dengan olahraga yang akan dilakukan.

Sementara, pendinginan merupakan tahapan yang dilakukan sesudah berolahraga. Pendinginan berfungsi untuk merealisasikan dan menenangkan otot-otot tubuh setelah berolahraga.

Selain itu, kegiatan pemanasan dan pendinginan juga berguna untuk mengurangi asam laktat di dalam darah. Pasalnya, pada saat berolahraga tenaga, kinerja jantung dan asam laktat meningkat sehingga diperlukan pemanasan serta pendinginan untuk menormalkan suhu dan fungsi tubuh.

Ketika ingin berolahraga pastikan untuk selalu melakukan atau mengikuti tahapan pemanasan dan pendinginan dengan benar agar terhindar dari masalah cidera otot saat berolahraga seperti nyeri otot, kram otot, nyeri pada bagian persendian, keseleo, memar dan lain sebagainya.

Berikut Gerakan Pemanasan, ulangi setiap gerakan peregangan ini 2-3 kali:

1. Seated Hamstring Stretch

Duduklah di lantai beralas matras dengan posisi kedua kaki lurus ke depan. Sambil sedapat mungkin menjaga posisi dada mengarah ke depan dan kedua bahu ke belakang, raih ujung ibu jari kaki dan tahan selama 30-45 detik.

2. Quad Stretch

Berdiri dengan posisi kedua kaki dan lengan berada di sisi tubuh Anda. Untuk Menjaga keseimbangan, Anda boleh berpegangan pada kursi atau meja dengan tangan kiri dan genggam kaki kanan dengan posisi di belakang Anda. Tahan selama 30-45 detik sampai berganti dengan kaki kiri.

3. Shoulder Stretch

Sambil menjaga agar dada dan bahu Anda ke belakang, tarik lengan kanan Anda menyilang melewati dada sampai Anda merasakan tarikan yang cukup nyaman, lalu tahan selama 30-45 detik. Ulangi dengan lengan kiri Anda.

4. Arm Stretch

Berdiri dengan kedua kaki, dada ke depan, dan bahu ke belakang. Julurkan lengan kanan lurus ke atas, lalu jatuhkan ke belakang kepala. Gunakan lengan kiri untuk menahan siku tetap di posisinya. Tahan posisi ini selama 30-45 detik sebelum kemudian berganti lengan.

5. Sky Stretch

Berdiri dengan kedua kaki dan angkat kedua lengan Anda ke atas, setinggi yang Anda mampu. Tahan posisi ini selama 10-15 detik. Ulangi 2-3 kali.

Itulah beberapa gerakan dari pemanasan yang dapat kalian lakukan sebelum berolahraga. Sebaiknya lakukan gerakan diatas supaya saat olahraga, tubuh kalian tidak mudah cedera.

Manfaat Pemanasan dan Pendinginan

Pemanasan dan pendinginan mempunyai manfaat yang bagus untuk tubuh. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum olahraga dan pendinginan setelah olahraga. Berikut ini manfaat pemanasan dan pendinginan yang akan kalian dapatkan.

1. Bisa Mencegah Resiko Cedera

Manfaat pemanasan pertama yaitu bisa mencegah resiko cedera. Sebelum memulai olahraga, tentu saja kalian membutuhkan pemanasan terlebih dahulu. Karena manfaat dari pemanasan yang pertama adalah untuk mempersiapkan tubuh agar nantinya tidak terjadi resiko cidera. Kemudian pendinginan dilakukan setelah berolahraga bermanfaat untuk mengistirahatkan tubuh setelah olahraga.

2. Bisa Mencegah Resiko Jantung Koroner

Kemudian manfaat pemanasan dan pendinginan pada olahraga berikutnya untuk membantu mencegah terjadinya jantung koroner. Saat melakukan olahraga pastinya nanti akan terjadi aliran darah ke jantung. Nah, saat fase inilah yang membuat jantung menjadi bekerja lebih berat. Dengan pemanasan terlebih dahulu, nantinya jantung tidak kaget. Jika kalian tidak melakukan pemanasan, maka aliran darah yang menjadi lebih cepat dapat menyebabkan jantung kaget. Sehingga dapat mmepengaruhi resiko terkena jantung koroner menjadi lebih besar.

3. Bisa Meningkatkan Energi atau Performa

Manfaat pemanasan dan pendinginan saat olahraga selanjutnya adalah dapat membantu untuk meningkatkan energi atau performa. Dalam artian di dalam melakukan olahraga, tentu saja membutuhkan tenaga atau performa yang cukup besar. Sehingga dengan melakukan pemanasan terlebih dahulu, nantinya akan membuat performa lebih terpacu. Hal ini tentu saja akan membuat kegiatan olahraga bisa memberikan hasil yang lebih maksimal.

4. Membuat Tubuh Lebih Fleksibel Dan Elastis

Kegiatan berolahraga yang dilakukan dengan pemanasan dan pendinginan dapat membantu tubuh dan otot agar menjadi lebih fleksibel serta elastis. Hal ini akan menghindari kram otot atau masalah lain yang biasa mengganggu kegiatan olahraga. Pemanasan sendiri membantu untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh.

5. Bisa Menormalkan Kinerja Jantung

Saat kalian melakukan olahraga tentu saja kinerja jantung akan bertambah, sehingga pada proses pendinginan ini bisa membantu tubuh untuk menormalkan kembali kinerja jantung. Hal ini tentu saja akan mengembalikan kerja jantung menjadi normal kembali dan juga tidak terlalu berat. Sehingga jantung koroner juga bisa dicegah dan tidak akan mengganggu kesehatan.

6. Mengurangi Asam Laktat

Kegiatan pemanasan dan pendinginan dapat membantu untuk mengurangi asam laktat di dalam darah. Pada saat melakukan olahraga, tenaga, kinerja jantung serta asam laktat akan meningkat. Dengan demikian setelah berolahraga, lakukan pendinginan tubuh yang akan menormalkan tubuh kembali.

7. Membantu Tubuh Lebih Rileks

Manfaat pendinginan setelah berolahraga bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih rileks dan juga tenang. Mengapa begitu? Hal tersebut karena pada saat kalian melakukan olahraga, secara otomatis mengeluarkan keringat dan tenaga yang cukup banyak. Sehingga tubuh sendiri juga perlu untuk beristirahat.

8. Memperlancar Peredaran Darah

Dengan melakukan pemanasan juga dapat memperlancar peredaran darah, sehingga suplai oksigen keseluruh tubuh menjadi lancar dan lebih baik. Dengan suplai oksigen yang lebih baik, maka performa fisik kalian saat berolahraga juga akan meningkat.

9. Meningkatkan Mental dan Fokus

Terakhir manfaat pemanasan juga bisa mempengaruhi psikologis yang dapat meningkatkan mental dan fokus selama berolahraga. Dengan pemanasan membuat fisik dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang, sehingga ketegangan akan berkurang. Kondisi rileks ini bisa membuat mental dan fokus kita lebih terjaga.

Meskipun dapat memberikan rasa kaku dan lelah berlebihan setelah berolahraga, namun jika dilakukan dengan cara yang benar dan secara teratur akan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain supaya bisa bermanfaat untuk orang banyak. Terima kasih.

13 Shares
Share12
+11
Tweet
Share
Pin