45 Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat strawberry

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Strawberry – Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan dan Kecantikan. Mendengar kata strawberry tentunya di dalam pikiran kita yaitu buah berwarna merah dan sering digunakan sebagai topping untuk makanan seperti kue. Perlu diketahui bahwa strawberry termasuk jenis beri – berian yang masih satu keluarga dengan rasberry, blueberry dan blackberry. Strawberry merupakan buah yang popouler dan banyak diminati oleh masyarakat luas mulai dari anak kecil sampai dewasa karena rasanya yang menyegarkan. Selain enak dikonsumsi, buah ini sering dijadikan sebagai campuran makanan seperti salad buah, pudding, kue dan masih banyak lagi. Buah ini juga sering dijadikan jus karena rasanya yang menyegarkan, banyak orang yang suka mengonsumsinya. Strawberry memiliki rasa dan khasiat yang sesuai dengan penampilan dan bentuknya, jadi buah ini sering dijadikan hiasan saat membuat plating pada desert.

Mengonsumsi jus strawberry merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan manfaatnya. Dalam bentuk jus ini kandungan dari buah strawberry lebih cepat dicerna oleh tubuh karena organ pencernaan tidak melakukan kerja yang cukup berat untuk mencernanya sehingga tubuh akan lebih cepat melakukan proses penyerapan.

Strawberry biasanya dijadikan sebagai jus, bahan kue, atau dikonsumsi secara langsung. Jika sudah diolah, strawberry bisa menjadi rasa yang dominan pada makanan atau minuman tersebut. DIbalik rasanya yang asam manis, ternyata kandungan nutrisi yang terdapat di dalam strawberry sangat tinggi, buah ini mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan. Kalau dilihat dari kandungannya, berarti manfaat strawberry pasti banyak sekali.

Delapan buah strawberry atau 1 gelas potongan strawberry mengandung 50 kalori dan tidak mengandung kolesterol, delapan buah strawberry memberi 30 mikrogram asam folat ini setara dengan 7,5 % kebutuhan asam folat harian ibu hamil yakni 400 mikrogram. Asam folat merupakan salah satu jenis vitamin B yang sangat penting bagi tubuh. Menurut WHO orang dewasa membutuhkan 400 mikro gram asam folat per hari, sedangkan wanita hamil membutuhkan minimal 800 mikro gram asam folat per hari karena asupan asam folat bagi ibu hamil sangat penting. vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, vitamin E, vitamin K serta ant-oksidan.

Manfaat Strawberry Untuk Kesehatan

Bicara tentang strawberry berikut ini dijelaskan mengenai manfaat jus strawberry untuk kesehatan:

1. Sumber zat anti inflamasi (peradangan)

Manfaat strawberry untuk kesehatan yang pertama yaitu sebagai sumber zat anti inflamasi. Ternyata dalam buah strawberry memiliki kandungan fenol yang berguna untuk melawan gangguan inflamasi atau peradangan. Fenol ini bekerja seperti obat aspirin dan ibuprofen yang membantu meredakan dan menghilangkan rasa sakit akibat terjadinya inflamasi atau peradangan.

2. Sumber zat antioksidan

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang terdapat dari buah strawberry cukuplah tinggi, oleh karena itu mengonsumsi jus strawberry berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta kandungan vitamin C pada buah strawberry juga baik untuk kecantikan kulit.

3. Menjaga kesehatan jantung

Didalam buah strawberry juga mengandung mangan yang membantu mengurangi dan mencegah peradangan seluler untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung seperti kardiovaskular, serangan jantung dan jantung coroner. Nah, makanya konsumsi jus strawberry ya. Mencegah lebih baik daripada mengobati.

4. Menjaga kesehatan mata

Tak hanya wortel yang mengandung vitamin A, buah strawberry juga mengandung vitamin A yang berfungsi untuk menjaga kesehatan mata serta bisa mempertajam penglihatan.

(Baca juga : Cara Mengobati Mata Minus Secara Alami)

5. Mencegah tumbuhnya sel kanker

Perlu diketahui di dalam jus strawberry yang mengandung antioksidan yang cukup tinggi selain berfungsi sebagai menjaga sistem kekebalan tubuh juga berfungsi untuk mengurangi dan melawan pertumbuhan sel – sel kanker di dalam tubuh.

6. Cocok untuk diet dan bagus untuk pencernaan

Kandungan lain dari strawberry yaitu serat. Kandungan serat pada strawberry cukuplah tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama setelah memakannya. Oleh karena itu buah ini cocok untuk kalian yang sedang melakukan diet. Selain itu buah ini juga berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan serta menyehatkan organ – organ pencernaan.

7. Menjaga Sistem Daya Tahan Tubuh

Lagi-lagi ini berkat tingginya vitamin C yang terkandung di dalamnya. Secangkir strawberry mengandung 136 persen vitamin C, sebuah antioksidan yang efektif dalam membantu menurunkan tekanan darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat strawberry berikutnya yaitu untuk menjaga kesehatan tulang. Mangan yang terkandung dalam strawberry diketahui baik untuk tulang, membantu membangun dan menjaga struktur tulang dengan baik. Kalium, vitamin K, dan magnesium dalam strawberry juga penting bagi kesehatan tulang.

9. Menjaga Fungsi Otak

Semakin bertambahnya umur seseorang maka juga akan berefek pada semakin melemahnya jaringan otak dan saraf, yang pada akhirnya dapat mengganggu fungsi otak. Antioksidan yang terkandung dalam strawberry seperti vitamin C dan fitokimia dinilai mampu menjaga dan meningkatkan fungsi otak. Selain itu, strawberry juga kaya akan yodium yang dapat membantu menjaga fungsi otak dan sistem saraf.

10. Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Kandungan asam folat dalam buah strawberry sangat baik untuk para ibu hamil karena asam folatnya dapat membantu perkembangan otak bayi yang sedang dikandungnya, selain itu asam folat bermanfaat juga untuk mencegah bayi terlahir dalam kondisi cacat.

(Baca juga : Tips Sehat Saat Hamil Bagi Janin dan Ibu Hamil)

11. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

buah strawberry mengandung potasium dan zat besi yang sangat bermanfaat untuk menurunkan dan menyeimbangkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

12. Mencegah Anemia

Buah strawberry kaya akan kandungan zat besinya sehingga sangat baik untuk kalian yang mengalami anemia, karena strawberry sangat baik untuk membantu meningkatkan jumlah sel-sel darah merah dalam tubuh.

13. Menjaga Mood

Dengan rutin mengkonsumsi buah strawberry sangat baik untuk menjaga mood kalian menjadi lebih baik dan rileks karena strawberry dapat membantu pelepasan serotonin yang mempengaruhi suasana hati seseorang.

14. Mempertajam Daya Ingat

Penelitian telah menunjukkan bahwa, selain memiliki efek anti – anemia, folat yang ditemukan dalam buah strawberry juga ber-manfaat untuk meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan kemampuan otak untuk memproses informasi . Hal ini juga penting untuk mencegah cacat otak pada bayi selama masa kehamilan sang ibu.

15. Mencegah Pertumbuhan Jamur

Strawberry adalah sumber yang baik dari mineral seperti tembaga, mangan dan magnesium. kombinasi  antara mangan, tembaga dan  asam dikarboksilat  dapat menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala.

16. Menurunkan Kolesterol

Manfaat strawberry selanjutnya yaitu untuk menurunkan kolesterol. Strawberry kaya akan phyto – nutrisi yang merupakan jenis senyawa yang berperan untuk mencegah dari berbagai macam penyakit. Senyawa ini juga lah yang membuat warna dan juga bau pada buah strawberry. Senyawa ini juga telah terbukti mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dengan menghambat oksidasi low density lipo – protein ( LDL).

17. Mencegah Hipertensi

Tidak hanya manfaat pisang yang mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi, tapi strawberry juga sangat  disarankan untuk penderita tekanan darah tinggi, dengan meniadakan efek natrium dalam tubuh. Asupan kalium yang rendah sama halnya dengan mengembangkan faktor risiko tekanan darah tinggi. Menurut Survei Kesehatan dan Gizi Ujian Nasional, kurang dari 2% orang dewasa di AS memenuhi rekomendasi kaliaum harian sebanyak  4700 mg.

18. Mengatasi Stroke

Antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya terkait dengan stroke. Kalium yang juga telah banyak dikaitkan dengan penurunan risiko stroke.

19. Mencegah Alergi dan Asma

Mengkonsumsi strawberry akan memberikan efek anti inflamasi dari quercetin. Strawberry dapat membantu meringankan gejala alergi termasuk hidung meler, mata berair dan gatal-gatal, meskipun belum ada penelitian pada manusia dilakukan untuk membuktikan theory. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa kasus asma terjadi lebih rendah dengan asupan tinggi nutrisi tertentu, seperti vitamin C.

20. Mengatur Gula Darah

Manfaat strawberry juga sebagai pengatur gula darah. Strawberry memiliki indeks glikemik yang rendah indeks glikemik dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gula yang ekstrim. Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa makan sekitar 37 strawberry dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin, flavonoid mendukung kelangsungan hidup neuron tumbuh, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

Manfaat Strawberry Untuk Kecantikan

Strawberry tidak hanya nikmat, namun telah terbukti memberikan manfaat bagi kecantikan yang bekerja bagi kulit dan rambut. Ekstrak strawberry sering digunakan dalam produk kecantikan dari merek terkemuka. Terlepas dari itu, ekstrak strawberry dapat dibuat sendiri untuk perawatan kecantikan alami, seperti berikut manfaat strawberry untuk kecantikan:

1. Pembersih Kulit

Strawberry memiliki sifat pembersihan :

  • Ekstrak strawberry sering digunakan sebagai bahan pembersih kulit, sabun wajah dan masker wajah meremajakan karena mengandung vitamin C, asam salisilat, antioksidan dan exfoliant.
  • Asam salisilat menghilangkan sel-sel mati dari wajah sambil mengencangkan pori-pori.
  • Asam ellagic merupakan antioksidan yang memerangi kerusakan kulit dan mempertahankan keremajaan kulit.
  • Dengan demikian, strawberry mampu mengangkat kotoran, melembutkan kulit serta memberikan perlindungan terhadap polusi.

(Baca juga : Tips Memutihkan Kulit Secara Alami)

2. Toner Kulit

Strawberry digunakan sebagai toner kulit :

  • Menghaluskan srawberry hingga menjadi ekstrak jus. Campur dua sendok teh ekstrak strawberry, dengan 50 ml air mawar dan dinginkan di kulkas.
  • Kalian dapat menggunakannya sebagai toner untuk menghilangkan kerut. Jus ini dapat disimpan selama 10 hari.

3. Memperbaiki Kulit

  • Vitamin C pada strawberry memungkinkan tubuh untuk memperbaiki jaringan yang terlibat dalam pembuatan kolagen.
  • Kolagen larut dalam air dan vitamin ini tidak dapat disimpan dalam tubuh dan harus disediakan dari sumber makanan.
  • Secangkir strawberry menyediakan 100% dari Recommended Daily Allowance (RDA) dari vitamin C, yang memainkan peran penting dalam memperbaiki kerusakan kulit.

4. Kondisioner Alami

  • strawberry dapat menambahkan bersinar ekstra untuk rambut kalian.
  • Hancurkan 7 sampai 8 buah strawberr matang dan tambahkan 1 sendok makan mayones hingga menjadi pasta halus
  • Oleskan ke rambut dan kulit kepala, tutup dengan topi mandi selama 15 sampai 20 menit.
  • Bilas rambut dan keramas seperti biasa. Pasta strawberry ini bertindak sebagai kondisioner alami untuk memberikan rambut mengkilap alami.

5. Scrub Kaki

Scrub strawberry ini akan menghilangkan kulit pecah-pecah pada permukaan kaki

  • Tumbuk 6 sampai 8 buah strawberry dan campur dengan beberapa tetes gliserin dan gandum
  • Rendam kaki dalam air hangat selama 10 menit. Gosok kaki dengan lembut untuk mengelupaskan sel-sel mati dan kulit kasar.
  • Cuci bersih kaki dengan air dingin dan oles kaki kalian dengan krim kaki

6. Mengurangi Kantung Mata

Zat dalam strawberry dapat mengurangi bengkak dan lingkaran di bawah mata, caranya :

  • Potong buah strawberry menjadi irisan tipis
  • Berbaring dan letakkan irisan strawberry di bawah mata dan rileks selama 10 sampai 12 menit.
  • Cuci wajah dengan air dingin sebelum tidur

7. Menghilangkan Jerawat

Manfaat strawberry untuk kecantikan yaitu sebagai penghilang jerawat. Vitamin C, Alpha Hydroxy Acids ( AHA ), asam salisilat dan flavonoid dalam buah strawberry membantu dalam membersihkan jerawat dan mengurangi minyak  berlebih. Dengan demikian, buah strawberry merupakan  bahan alami untuk menghilangkan jerawat.

(Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Membandel Dengan Cepat)

Setelah membaca manfaat strawberry diatas kita jadi semakin tahu kandungan yang terdapat di dalamnya. Serta juga sebagai informasi, khususnya bagi kalian yang kurang suka mengonsumsi buah strawberry. Maka dari itu seringlah mengonsumsi buah ini untuk mendapatkan manfaatnya. Kalau kalian sering membuat jus, maka manfaat jus strawberry juga ada banyak lho.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman kalian ya supaya mereka juga mendapat informasi yang bermanfaat ini, terima kasih. 😀

34 Shares
Share33
+11
Tweet
Share
Pin