21 Manfaat Lari Untuk Kesehatan dan Program Diet

manfaat lari

Manfaat Lari Untuk Kesehatan dan Program Diet

Manfaat Lari – Manfaat Lari Untuk Kesehatan dan Program Diet. Tahukah kalian??? Kalau Berolahraga di pagi hari sangat baik bagi kesehatan. Namun untuk sebagian orang sulit untuk melakukannya. Hal ini dikarenakan bukan karena prosesnya rumit, melainkan ada rasa malas untuk melakukannya. Seperti olahraga lari pagi yang merupakan jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan dan hampir tidak membutuhkan biaya. Padahal saat kita bangun alangkah lebih baik kita melakukan kegiatan yang bermanfaat guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Nah, salah satu caranya yaitu dengan olahraga lari.

Olahraga lari atau joging dapat menjadi pilihan gaya hidup sehat. Karena manfaat yang terkandung di dalamnya lumayan banyak. Saat kalian sedang joging, maka hampir seluruh bagian tubuh kalian bergerak. Joging atau lari juga merupakan latihan kardiovaskuler yang sempurna. Kalian bisa membakar banyak lemak, paru-paru juga akan dipaksa menghirup banyak udara, bahkan dapat menyingkirkan stres serta depresi yang dialami.

Manfaat Lari Untuk Kesehatan

Lari pagi mempunyai banyak manfaat yang dapat dirasakan langsung atau tidak langsung. Manfaat dari lari pagi salah satunya yaitu dapat menurunkan berat badan atau membantu program diet. Selain itu ada beberapa manfaat lainnya yang didapat saat melakukan lari pagi, yaitu:

1. Membantu Program Diet

Manfaat lari yang pertaman yaitu untuk membantu program diet. Bagi sebagian orang yang mempunyai berat badan yang bisa dikategorikan gemuk alias obesitas jika ingin mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan kita harus mencoba dengan program diet. Lari pagi adalah salah satu solusi untuk menurunkan berat badan, sudah banyak orang yang mengetahui dan melakukan lari pagi sebagai salah satu pembantu menurunkan berat badan. Dengan lari pagi, lemak dalam tubuh dari makanan yang kita makan akan terbakar dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh yang menyebabkan tubuh terlihat gemuk. Selain itu harus diimbangi dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi serat dan rendah lemak, sehingga manfaatnya akan mendapatkan tubuh yang ideal dan proporsional seperti yang diinginkan.

2. Melancarkan Haid

Lalu manfaat lari bagi wanita yaitu bisa melancarkan haid. Selain membuat tubuh menjadi ideal alias langsing, lari pagi dapat melancarkan haid atau datang bulan bagi kaum wanita, sehingga masalah terhadap siklus haid yang tidak normal dapat kembali dalam keadaan normal kembali. Jadi, awali pagi mu dengan melakukan lari pagi atau jogging di lingkungan sekitar rumahmu dan jangan sampai kalian bermalas – malasan ya. Kesehatanmu lo dek.

3. Menguatkan Tulang

Kemudian manfaat lari berikutnya yaitu menguatkan tulang. Selain berguna untuk program diet dan melancarkan haid. Lari pagi juga dapat membuat tulang menjadi kuat dan sehat, karena pada saat pagi hari, sinar matahari sebelum jam 9 pagi banyak mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang yang lebih banyak diderita oleh kaum hawa yang menopause dan juga untuk menjaga tulang agar kuat ketika tua nanti.

4. Menyehatkan Jantung

Manfaat lari pagi juga dapat membuat jantung lebih sehat dan terhindar dari penyakit jantung, hal ini dikarenakan lari pagi dapat membuat aliran darah menjadi lancar dan membuat jantung berdetak normal.

5. Meningkatkan Sistem Imun atau Daya Tahan Tubuh

Lari pagi juga dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh, sehingga membuat kekebalan tubuh terhadap penyakit menjadi meningkat dan dapat membuat tubuh tidak mudah terserang oleh berbagai macam penyakit seperti flu dan pilek.

6. Meningkatkan Konsentrasi

Manfaat melakukan lari pagi secara rutin juga dapat meningkatkan konsentrasi, karena saat kita melakukan lari pagi, oksigen yang kita hirup di pagi hari dapat dengan lancar dialirkan menuju otak. Hal tersebut dapat meningkatkan daya konsentrasi sehingga bekerja dengan baik. Selain itu, lari pagi juga dapat menghindarkan dari kerusakan mata di usia tua.

7. Menyingkirkan Stres

Lari pagi juga merupakan aktivitas yang menyenangkan. Kita bisa melakukannya dengan orang lain sambil berbincang atau sambil mendengarkan musik. Kondisi tersebut sangat membantu pikiran kita menjadi lebih fresh , seperti yang didapat dari manfaat bermain gitar. Dampaknya pikiran kita bisa lebih tenang dan membuatnya segar kembali untuk siap melakukan aktivitas yang melelahkan sepanjang hari. Lebih baiknya lagi, saat pikiran kita lebih tenang maka produktifitas kerja kita akan semakin meningkat.

8. Mencegah Impotensi

Khusus untuk pria, dengan berlari di pagi hari membantu fungsi kebugaran organ reproduksinya. Berangkat dari penelitian yang menemukan bahwa 3000 kalori per minggu yang di bakar dari aktivitas lari pagi bisa membuat disfungsi ereksi bisa di atasi hingga 83% keefektifannya. Dengan demikian, salah satu masalah reproduksi yang paling tidak diinginkan kaum pria ini bisa diatasi dengan membiasakan diri berlari di pagi hari.

9. Mencegah Dimensia

Jurnal yang di buat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa wanita yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi resiko kepikunan di saat usia senja. Studi lain yang dilakukan pada tahun 2012 menemukan bahwa manfaat lari pagi mampu meningkatkan fungsi otak terkait kemampuan konsentrasi dan daya ingatnya, seperti yang didapat dari manfaat bermain catur.

10. Membuat Kualitas Tidur Membaik

Penelitian yang dilakukan dengan melibatkan para penderita insomnia yang di latih untuk rutin melakukan lari pagi berhasil membuat mereka mengatasi waktu tidurnya 17 menit lebih cepat. Selain itu, mereka juga mengaku merasa tidur lebih nyenyak dari biasanya setelah rutin berlari di pagi hari. Manfaat jogging ini bisa menjadi referensi bagi kalian penderita insomnia untuk memperbaiki waktu tidur kalian agar kembali lebih normal.

11. Baik Untuk Pernapasan

Banyak olahraga yang dapat mengoptimalkan sistem pernafasan, contohnya pada manfaat renang. Manfaat lari pagi bagi mereka yang memiliki sakit asma merasakan dampak yang baik bagi pernafasannya. Apalagi bagi kita yang sehat, tentu akan merasa sistem pernafasan terasa lebih baik.

Penelitian :

Sebuah penelitian yang melibatkan para penderita penyakit asma dan kemudian bisa berlari rutin tiap minggunya selama 3 bulan. Hasilnya mereka merasa asmanya jarang kambuh setelah rutin lari pagi. Bahkan mereka merasa bernafas menjadi lebih lega.

12. Memperkuat Otot

Selain bermanfaat untuk menurutkan berat badan, aktivitas lari pagi juga bisa menambah massa otot. Sehinga otot kita semakin kuat. Otot yang kuat akan membuat kita lebih bugar. Hal itu dikarenakan bahwa dengan berlari kita akan mengalami proses metabolism yang cepat, termasuk dalam proses produksi sel-sel otot untuk mengganti sel-sel otot yang tua menjadi lebih baru.

13. Mencegah Diabetes

Proses pembakaran pada lari pagi tidak hanya pada kalori melainkan juga kolesterol pada tubuh. Turunnya berat badan ketika rutin lari pagi membuktikan bahwa kandungan kalori dan kolesterol yang menumpuk perlahan-lahan jadi berkurang. Hal ini berbanding lurus dengan turunnya resiko penyakit diabetes. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi resiko diabetes hingga 5%.

14. Mencegah Hipertensi

Sejumlah manfaat sayur-sayuran memang dapat meredakan hipertensi, namun olahraga kardio seperti lari pagi juga baik untuk melancarkan peredaran darah. Gerakan kardio yang ringan ini, terbilang cukup proporsional untuk menjaga pola detak jantung. Kondisi ini membuat tekanan darah menjadi lebih normal. Bagi penderita hipertensi, para pakar menyarankan agar mulai membiasakan lari pagi. Karena dengan lari pagi turut membantu untuk menurunkan tekanan darahnya.

15. Mencegah Kanker Usus

Studi terbaru yang dilakukan di British journal of cancer menemukan bahwa dengan aktif lari pagi selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat resiko kaker berkurang hingga 24 %. Terutama resiko kanker pada usus besar. Karena pada saat berlari di pagi hari, gerakan yang kita lakukan turut memberikan pada usus kita. Kontraksi yang dihasilkan akan menjadi lebih alami, dan itu baik untuk kesehatan organ usus besar kita.

16. Memperkuat Tulang Kaki

Selain bisa membakar lemak, dan menambah massa otot, dengan lari pagi juga turut merangsang regenerasi sel-sel tulang yang bermanfaat untuk kepadatan tulang pinggul, tulang punggung, serta tulang kaki kita. Dimana saat kita berlari, bagian kaki kita menjadi tumpuannya. Dengan begitu tulang kaki kita terlatih untuk lebih kuat. Bagi kalian yang memiliki aktivitas kerja membutuhkan mobilitas yang tinggi, perlu memiliki tulang kaki yang kuat. Maka sebaiknya kalian memasukkan kegiatan lari pagi ini menjadi salah satu dari rutinitas kalian.

17. Menjaga Stamina dan Energi

Berlari memang mengeluarkan energi, namun dengan berlari pula kita akan menghasilkan energi. Energi baru yang di buat saat proses metabolisme tubuh, membuatnya menjadi seimbang. Namun berlari terlalu lama justru tidak baik dan malah membuat tubuh kita mengeluarkan terlalu banyak energi. Rutinitas lari pagi ini sebaiknya dilakukan dengan santai sekitar 30 sampai 60 menit setiap harinya. Asalkan dilakukan secara rutin maka hasilnya akan bisa kita dapatkan.

18. Membuat Paru – Paru sehat

Saat berlari yang dilakukan terutama di pagi hari membuat kadar oksigen yang masuk ke dalam paru-paru lebih banyak. Selain faktor lingkungan dimana saat pagi hari diketahui sangat kaya akan manfaat oksigen, juga karena aktivitas dari tubuh kita yang memicu untuk bernafas lebih kuat saat bergerak lebih aktif.  Masuknya oksigen dalam jumlah yang banyak ke dalam tubuh baik untuk kesehatan paru-paru.

19. Mencegah Nyeri Otot

Lari pagi membuat tubuh kita bergerak aktif. Hal itu selain baik untuk proses metabolisme tubuh juga baik untuk membuat persendian tulang terlumasi dengan baik. Oleh karenanya, peredaran darah akan menjadi lebih lancar, serta membuat kita terhindar dari rasa nyeri. JIka kita merasa pegal-pegal, tidak ada salahnya kita mempersiapkan untuk berlari di pagi hari. Dengan demikian membuat rasa pegal kita akan hilang secara lebih alami.

20. Mencegah Rematik

Lari pagi membuat kita aktif menggerakkan kedua kaki kita. Gerakan itu membuat otot kaki kita menjadi lebih lentur, dan mengurangi ketegangan pada otot kaki. Para pakar sepakat kondisi tersebut akan membantu kita mengatasi penyakit rematik. Karena otot kita lebih lentur dan rasa nyeri semakin berkurang.

21. Menambah Tinggi Badan

Sudah tahu kan artikel yang sebelumnya kami buat yang berjudul cara menambah tinggi badan. Nah, kalau dengan lari bisa menambah tinggi badan secara cepat. Kenapa? karena pada saat lari terjadi penarikan tulang pada kaki yang bisa membuat tinggi badan bertambah. Sekarang sudah tahu kan? 😀

Demikian manfaat lari pagi hari. Jadi, segeralah dimulai saat ini, jangan suka menunda – nunda pekerjaan karena lari pagi banyak sekali manfaatnya. Serta juga lari pagi merupakan olahraga yang murah serta mudah dikerjakan. Selamat Berolahraga.

Jangan lupa dibagikan ya artikel ini, supaya bermanfaat bagi orang lain :D.

11 Shares
Share10
+11
Tweet
Share
Pin