Inilah Mitos Seputar Menstruasi Yang Dipercaya Wanita

mitos seputar menstruasi

Inilah Mitos Seputar Menstruasi Yang Dipercaya Wanita

Mitos Seputar Menstruasi – Inilah Mitos Seputar Menstruasi Yang Dipercaya Wanita. Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang terletak di benua asia tepatnya di asia tenggara. Merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor 4 di dunia. Oleh karena itu Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keanekaragaman budaya, adat istiadat serta kepercayaan. Semua itulah yang sering menimbulkan sebuah mitos yang telah dipercaya sejak jaman dulu sebagai kebiasaan, meskipun belum terbukti kebenarannya. Mitos tersebut sangat erat hubungannya dengan kebiasaan sehari – hari bahkan seperti siklus menstruasi atau haid yang dikaitkan dengan beberapa mitos. Padahal informasi mengenai menstruasi atau haid yang belum terbukti kebenarannya dapat menjadi mitos.

Menstruasi yaitu suatu siklus periodik bulanan yang biasa dialami oleh setiap wanita yang telah masuk masa pubertas. Menstruasi ini disebabkan oleh kerja hormon seksual wanita (estrogen-progesteron). Yakni berupa keluarnya darah beserta lendir keputihan dari lubang vagina yang dikarenakan tidak terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma didalam rahim.

Mitos Seputar Menstruasi Yang Dipercaya Wanita

Tentunya kalian para wanita pernah mendengar pendapat atau pandangan dari beberapa teman kalian bukan. Pendapat yang memberikan seputar hal-hal yang diperbolehkan atau dilarang saat menstruasi. Hal ini biasanya disebut dengan mitos, apabila pendapat yang berkaitan dengan menstruasi tidak didasari atas fakta medis atau klinisnya. Nah, disini akan membahas seputar mitos menstruasi secara lengkap. Serta dibahas secara ringan mengenai beberapa pendapat atau pandangan yang sering dibicarakan para remaja putri mengenai menstruasi. Dan akan dilihat penilaian berdasarkan fakta medis yang ada. Apa saja mitos seputar menstruasi atau haid yang sering dipercaya wanita:

1. Dengan meminum soda dapat memperlancar menstruasi atau haid?

Mitos seputar menstruasi yang pertama yaitu dilarang meminum soda. Banyak wanita yang percaya bahwa dengan meminum soda dapat memperlancar proses menstruasi atau haid, padahal itu cuma mitos karena sebuah penelitian yang dilakukan di swedia menyatakan bahwa meminum minuman bersoda tidak ada hubungannya dengan hormone dan faktor psikis lainnya karena siklus menstruasi yang tidak lancar hanya disebabkan oleh adanya faktor internal yang mengatur jalannya siklus tersebut. Wanita yang mengalami siklus menstruasi yang tidak lancar biasanya dipengaruhi oleh hormone, berat badan dan kondisi ketika mengalami stress.

2. Dilarang meminum minuman dingin saat menstruasi?

Mitos seputar menstruasi selanjutnya dilarang minum dingin. Meminum minuman dingin ketika menstruasi berlangsung dipercaya dapat membekukan darah sehingga berdampak pada resiko terkena penyakit kista. Apakah itu betul? Tentu saja tidak, karena pada siklus menstruasi tentunya berhubungan dengan sistem reproduksi sedangkan makanan dan minuman berhubungan dengan sistem penceranaan sehingga pendapat tersebut sangat tidak dibenarkan secara medis dan secara akal sehat.

3. Dilarang keramas ketika menstruasi?

Mitos seputar menstruasi berikutnya dilarang keramas. Larangan tidak diperbolehkan keramas ketika menstruasi yang menyebabkan terjadinya menopause karena darah haid dapat berhenti dengan sendirinya. Apakah itu betul? Pastinya tidak betul, karena jika dipikir secara logika kalau tidak keramas ketika menstruasi dapat menimbulkan gangguan pada rambut dan kulit kepala. Para medis justru menyarankan agar lebih menjaga kebersihan tubuh ketika menstruasi karena adanya perubahan hormone.

(Baca juga : Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Bercabang)

4. Meminum obat pereda nyeri dapat mengganggu kesuburan?

Pendapat diatas memang dibenarkan. Bagi para wanita yang suka meminum obat pereda nyeri ketika sedang menstruasi disarankan tidak dikonsumsi secara berlebihan karena jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengganggu pertumbuhan jaringan endometrium di dalam otot rahim jika dikonsumsi secara berlebihan.

(Baca juga : Begini Cara Mengetahui Kesuburan Wanita)

5. Dilarang Berenang Saat Menstruasi?

Mitos seputar menstruasi selanjutnya yaitu dilarang berenang. Tidak ada larangan medis dan hubungannya antara kemandulan gara -gara berenang disaat menstruasi. Jika para cewe saat menstruasi benar-benar memastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang dipakai. Namun sebaiknya dilihat kembali yang menjadi prioritas kita saat itu, aktifitas berenang atau kenyamanan menstruasi. kalau sudah yakin akan pembalut dan pakaian renang yang digunakan, tidak ada salahnya juga untuk berenang.

6. Katanya Bisa Mandul Kalau Pakai Pembalut?

Apakah mitos seputar menstruasi ini benar? Mungkin saja tidak. Saat menstruasi, kelembaban didaerah intim akan meningkat karena cairan (darah dan lendir keputihan) yang keluar melalui area pribadi. Hal ini tentu akan memudahkan terjadinya infeksi kuman (jamur,bakteri,virus). Untuk itu diperlukan penggunaan pembalut yang dapat menampung darah-lendir yang keluar sehingga tidak bersentuhan langsung dengan kulit di daerah intim.

Penggunaan pembalut yang sehat adalah pilih pembalut yang dirasakan nyaman saat memakainya, tidak terjadi iritasi saat menggunakannya dan ganti pembalut disaat kalian merasa sudah lembab. Terutama dihari 1-2 menstruasi atau saat banyak-banyaknya dan sedang beraktifitas, dianjurkan untuk menganti pembalut setiap 2-4 jam sekali agar daerah intim terhindar dari kelembaban yang berlebihan. Jangan lupa senantiasa memperhatikan air bersih yang digunakan saat membilas setelah buang air dan penggunaan underwear.

(Baca juga : Tips Merawat Organ Reproduksi Pria dan Wanita)

7. Berhubungan Badan Saat Menstruasi Tidak Akan Hamil?

Memang, kemungkinannya kecil untuk hamil saat berhubungan intim kala menstruasi. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa hamil. Karena walaupun sedang menstruasi sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan sperma tersebut dapat bertahan selama tujuh hari. Benar – benar mitos seputar menstruasi yang dirasa aneh.

8. Kalau Nyeri Perut, Menandakan Ada Kista?

Jangan mudah percaya. Nyeri perut bawah yang dirasakan saat menstruasi itu normal terjadi. Rasa nyeri ringan sampai berat tergantung dari kesehatan fisik dan psikis saat itu (keletihan, emosi tidak stabil, daya tahan tubuh). Biasanya rasa nyeri terjadi tidak lebih dari 3 hari dan sifat nyeri akan berkurang seiring dengan berkurangnya darah menstruasi yang keluar.

Saat ini, gejala dari penyakit kista tidak jelas, sebagai antisipasinya, jika nyeri menstruasi terasa hebat bahkan tidak tertahankan (pingsan), nyeri dirasakan lebih dari 3 hari bahkan jumlah darah menstruasi terasa banyak terus tiap harinya, terjadi terus menerus setiap siklus menstruasi (3-6 bulan berturut-turut), segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan penyebabnya, namun belum tentu itu adalah kista.

9. Dilarang Olahraga Saat Menstruasi?

Mitos seputar menstruasi dilarang olahraga tidak betul. Faktanya, kecuali kalian mengalami kram parah (dismenorea) atau volume darah menstruasi yang berlebihan (menoragia) yang mengganggu kemampuan kalian untuk melakukan kegiatan fisik. Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga selama menstruasi. Bahkan, banyak ahli kesehatan merekomendasikan olahraga selama menstruasi untuk membantu mengurangi kram.

Walaupun banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat tentunya kita jangan mudah percaya pada semua itu jika belum dilandasi dengan penjelasan secara ilmiah dan secara medis. Namun, ada pentingnya untuk menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi agar terhindar dari gangguan penyakit.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada ibu, kakak perempuan, teman atau sahabat kalian, supaya bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

12 Shares
Share11
+11
Tweet
Share
Pin