12 Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman Wajib Dibaca

manfaat ciuman dan bahaya ciuman

Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman Wajib Dibaca

Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman– Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman Wajib Dibaca. Apakah kalian penggemar film korea ataupun film dari luar seperti hollywood? Pada tiap – tiap film yang mereka produksi terdapat beberapa adegan dewasa seperti berciuman. Ciuman merupakan tanda bahwa seseorang sedang mengalami jatuh cinta dan juga sebagai tanda kasih sayang serta perhatian kepada pasangannya. Romantis bukan?

Tapi, tahukah kalian bahwa ciuman juga dapat menyebabkan penyakit menular. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ciuman yang sehat dapat memberikan efek samping yang bermanfaat bagi tubuh. Namun sebaliknya, bila dilakukan dalam kondisi tertentu, sebuah ciuman juga dapat memberikan efek samping yang membahayakan bagi tubuh. Ciuman bibir antar pasangan bukannya menandakan kasih sayang tapi malah menjadi media penularan penyakit. Simak penyakit akibat ciuman.

Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman

Meski ciuman menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, akan tetapi dibalik manfaat tersebut juga menyimpan bahaya yang perlu kita ketahui. Ciuman dapat menjadi media penularan sejumlah virus dan bakteri penyebab penyakit dari air liur atau darah seseorang lalu menyebar ke orang lain. Sebaiknya kita wajib waspada akan hal itu, jangan asal – asalan berciuman dengan seseorang apalagi seseorang itu mempunyai riwayat penyakit yang menular. Lalu apa saja penyakit menular yang disebabkan dari berciuman? Mari kita simak penyakit akibat ciuman dibawah ini.

Bahaya Ciuman

1. Herpes

Herpes paling mudah menular ke orang lain ketika lesi terbentuk atau telah meletus. Virus ini dapat menyebar ke orang lain bahkan ketika herpes telah sembuh, Virus yang masih satu keluarga dengan herpes seperti Epstein-Barr, Varicella-Zoster (penyebab cacar air) dan Hair Simplex (menyebabkan cold sores). Virus – virus ini dapat menular melalui kontak secara langsung seperti saat berciuman.

2. Mono

Penyakit mono ini pertama kali dijelaskan oleh Sprunt dan Evans pada sebuah buletin yang diterbitkan di John Hopkins Hospital tahun 1920. Gejalanya sakit tenggorokan, demam, merasakan gelisah, rasa kurang nyaman pada badan, peradangan, mual – mual hingga kehilangan nafsu makan. Penyakit ini juga memicu terbentuknya penyakit lain seperti radang tenggorokan dan juga hepatitis.

Penyakit ini bisa menular melalui pertukaran air liur dan melewati masa inkubasi selama 4 sampai 7 minggu. Pada umumnya, gejala akan muncul selama 2 sampai 3 minggu dan bertahan hingga berbulan bulan. Tapi jangan khawatir, penyakit ini dapat diobati. Hanya saja pada umumnya penyakit ini dapat menyerang seseorang dalam waktu yang cukup lama. Untuk itu tetap waspada agar tidak mudah terserang penyakit seperti ini.

3. Glandular Fever atau Kissing Disease

Apakah kalian pernah mendengar istilah dari penyakit ini? Glandular fever adalah sebuah istilah umum untuk infeksi virus yang disebut infeksi mononukleosis, yang biasa disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Virus ini dapat menular melalui air liur saat berciuman.

4. Flu atau Pilek

Penyakit ini tentunya tidak asing bagi semua orang, biasanya pilek ditularkan melalui kontak langsung dengan virus, sementara flu dapat ditularkan melalui tetesan air liur atau juga dari kontak langsung dengan sekresi (cairan dan lendir) dari hidung atau tenggorokan orang yang sudah terkena pilek atau flu.

5. Hepatitis B

Hepatitis B merupakan penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman, meskipun darah memiliki tingkat virus yang lebih tinggi daripada air liur. Infeksi dapat terjadi ketika darah dan air liur yang sudah terinfeksi bersentuhan langsung dengan aliran darah orang lain. Akan tetapi penyakit ini lebih mungkin terinfeksi saat berciuman jika mereka mempunyai luka terbuka di sekitar mulut.

6. Kutil

Ternyata kutil juga bisa menular melalui ciuman jika sebelumnya ada kutil di dalam mulut, terutama jika sebelumnya ada daerah yang mengalami luka.

7. Meningokokus

Meningokokus merupakan kondisi dimana dapat berpotensi mengancam jiwa seseorang seperti penyakit meningitis. Radang selaput meninges yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang serta septikemia dapat terganggu kegunaannya. Penyakit ini disebabkan dari bakteri yang dapat ditularkan melalui kontak langsung atau melalui tetesan air liur saat berciuman.

Begitulah beberapa penyakit yang dapat ditularkan melalui ciuman, jika kalian ingin berciuman dengan pasangan anda. Sebaiknya periksalah terlebih dahulu apakah mulut pasangan anda sehat atau tidak. Serta jangan suka berganti – ganti pasangan, itu tidak baik dan bisa membahayakan diri anda dan pasangan.

Manfaat Ciuman

Tahukah kalian? Kalau ciuman juga bisa bermanfaat untuk kesehatan. Coba simak manfaat ciuman berikut ini.

1. Ciuman berperan untuk membuat metabolisme tubuh seseorang meningkat dan cukup dianjurkan untuk mengatasi stress.

2. Ciuman antar pasangan membuat mereka dapat hidup lebih lama 5 tahun dibanding pasangan lain yang jarang atau tak pernah melakukannya. Dianjurkan berciuman setiap hari sebelum berpisah atau menjalani aktivitas masing-masing.

3. Ciuman memiliki dampak baik atau positif bagi kepercayaan diri seseorang.

4. Ciuman bisa menjadikan anda pribadi yang dihargai dan juga membuat pikiran menjadi lebih jernih

5. Ciuman antar pasangan yang penuh gairah selama kira-kira 20 detik per lamanya ciuman per hari membuat mereka mampu mengontrol pola makan sehingga bisa membuat anda yang sedang diet bisa turun berat badannya

6. Ciuman berperan untuk mengurangi ketegangan pikiran

7. Ciuman dapat menghalau pikiran-pikiran negatif atau energi negatif

8. Ciuman menjadikan perasaan semakin bahagia dan membantu jadi turun hormon kortisol pemicu stress

9. Ciuman membuat 30 otot wajah menjadi aktif, sehingga membuat wajah tetap kencang tidak peyot dan terlihat awet muda

10. Ciuman mengatur jalannya sirkulasi darah meningkat pada wajah

11. Ciuman bisa memiliki efek cukup baik untuk jantung dan membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh aliran tubuh karena mampu menghasilkan zat adrenalin tersebut

12. Ciuman membuat anda jadi lebih tenang karena kestabilan kardiovaskular di tubuh, tekanan darah juga jadi menurun begitu pula dengan kadar kolesterol

13. Jika memiliki waktu untuk berciuman setiap hari anda akan terhindar dari terkena kerusakan pada perut, terjadinya sakit pada kandung kemih atau gejala seperti peredaran darah yang terganggu

14 Ketika anda sedang melakukan ciuman maka zat antibodi dikeluarkan oleh liur yang terbukti kabarnya juga memiliki semacam zat untuk anastesi yang bisa mengurangi ketika terasa nyeri

15. Ciuman bisa membuat anda tidak terlalu cemas

16. Ciuman membuat terbentuknya hormon yang bernama kadar oksitoksin sehingga membuat anda menjadi lebih tenang dan damai karena adanya hormon itu

17. Ciuman membangkitkan zat endorfin sehingga rasa nyeri yang ada bisa terkurangi

18. Ketika berciuman paru-paru bekerja lebih keras. Kira-kira 60 tarikan nafas per menit. Jika diukur kadar normalnya kira-kira 20 tarikan nafas per menit. Sehingga bisa membuat paru-paru lebih sehat

19. Ada dokter gigi yang mempercayai bahwa berciuman bisa mencegah gigi berlubang karena menstimuli air liur yang bisa menghancurkan asam yang menutupi gigi.

20. Ciuman membuat perasaan menjadi tenang dan terkendali, barangkali karena bisa mencegah stress yang terjadi karena perasaan dihargai, dicintai dan disayangi itu

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat ciuman dan bahaya ciuman. Jadi mulai sekarang jangan ragu untuk berciuman asal kalau sudah menikah ya. Ciuman selain menyebabkan penyakit ternyata dibalik itu ada manfaatnya.

Sekian artikel yang berjudul 12 Manfaat Ciuman dan Bahaya Ciuman Wajib Baca ini. Jangan lupa untuk membagikan postingan ini kepada keluarga, atau kerabat dan mungkin teman kalian yang sudah menikah. Supaya mereka tidak ragu dengan manfaat ciuman dan bahaya ciuman. Semoga bermanfaat, terima kasih.

25 Shares
Share24
+11
Tweet
Share
Pin