Tahukah Bahwa Buang Angin Atau Kentut Itu Sehat Lho

kentut itu sehat

Tahukah Bahwa Buang Angin Atau Kentut Itu Sehat Lho

Kentut Itu Sehat – Tahukah Bahwa Buang Angin Atau Kentut Itu Sehat Lho. Pernahkah kalian merasa jijik ketika mendengar suara kentut dari teman atau orang sekitar kalian? Apa yang kalian lakukan ketika mendengar hal tersebut? Tentunya kita bisa merasa kesal akan hal itu. Tapi tahukah kalian bahwa kentut itu merupakan tanda berarti kita dalam keadaan sehat? Timbulah pertanyaan apakah kentut itu sehat?

Sama halnya ketika membicarakan tentang bercinta, kentut merupakan sesuatu yang masih menjadi hal yang tabu dalam masyarakat. Meskipun tabu, kentut adalah salah satu nikmat anugerah yang diberikan Tuhan kepada kita. Ketika merasakan ingin buang angin sebaiknya jangan ditahan. Tapi harus disesuaikan dengan etika yang berlaku. Maksudnya, kita tidak boleh kentut sembarangan. Buang angin atau kentut adalah proses alamiah yang ada manfaatnya bagi kesehatan dan dari sudut pandang ilmiah sangat penting untuk menjadi pemahaman kita bersama.

Apakah Kentut Itu Sehat?

Buang angin atau kentut adalah hal yang sehat dan normal pastinya. Mulai dari pemimpin negara sampai rakyat sekalipun pasti pernah buang angin setiap hari. Sehari saja kalian tidak buang angin, berarti ada yang salah dengan tubuh kalian. Nah kabar baiknya, jika kentut kalian itu bau, berarti tubuh Anda sehat. Loh kok bisa?

Para peneliti dari Universitas Exeter mengungkapkan, kalau bau gas yang keluar dari tubuh itu bisa menandakan kalau kalian sehat. Dilansir oleh dailymail.co.uk bahwa gas yang dihasilkan dari bakteri pemecah makanan. Serta juga yang menghasilkan gas bau berisi hidrogen sulfida. Bahwa bateri tersebut bisa membantu mencegah kanker, stroke, serangan jantung dan demensia.

Hidrogen sulfida dalam jumlah yang besar bisa membahayakan kesehatan. Akan tetapi jika dalam jumlah kecil seperti yang dihasilkan usus. Malah bisa melindungi sel – sel tubuh dan melawan penyakit. Jadi, jika bau kentut kalian bau, berarti tubuh dalam keadaan sehat.

Meskipun hidrogen sulfida tersebut dikenal sebagai gas berbau tajam, bahkan mirip telur busuk dan membuat perut kembung. Akan tetapi hal itu secara alami diproduksi dalam tubuh dan bisa menjadi superhero nya kesehatan. Maka aroma buang angin atau kentut bisa jadi implikasi yang signifikan untuk terapi masa depan dan mendeteksi berbagai penyakit.

Meski aroma bau pada kentut memang wajar dan sehat, kalian juga harus menjaga etika lho. Jika perut mulai terasa mulas dan ingin merasakan buang angin, sebaiknya carilah tempat untuk membuang gas yang akan keluar dalam tubuh. Usahakan cari tempat yang sepi orang atau mungkin saja toilet menjadi tempat yang pas. Lalu apa penyebab buang angin itu?

Apa penyebab kentut?

Kentut atau buang angin merupakan proses alami yang terjadi akibat penumpukan gas yang berlebihan dalam tubuh kita. Gas tersebut berasal dari beberapa sumber, seperti udara yang kita hirup, reaksi proses kimia dalam usus dan bakteri yang hidup dalam usus. Jadi sudah tahu kan penyebab kentut itu.

Bagaimana tubuh memproduksi gas?

Gas yang keluar ketika kita kentut terdiri dari berbagai kandungan yang bervariasi. Sebagian berasal dari udara yang kita hirup, lalu yang diserap tubuh sebelum masuk ke dalam usus. Pada saat udara tersebut masuk ke usus besar maka yang tersisa adalah nitrogen. Reaksi kimia yang terjadi antara asam lambung dan cairan di usus akan menghasilkan karbondioksida yang merupakan produk dari bakteri yang hidup dalam usus. Selain menghasilkan karbondioksida, bakteri juga menghasilkan hidrogen dan metana. Namun, berapa besarnya gas yang kita keluarkan juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti makanan, banyaknya udara yang kita hirup dan jenis bakteri yang hidup dalam usus kita.

Lalu apakah kalau kita menahan kentut dapat menyebabkan penyakit?

Sekarang kalian sudah tahu kan kalau kentut itu sehat. Seseorang yang menahan kentut biasanya akan merasakan beberapa keluhan yang tidak nyaman akibat peningkatan gas dalam tubuh dan pelebaran usus yang menjadi tidak normal. Jika kentut ditahan akan menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar. Selain itu, gas yang tertahan dalam usus akan menyebabkan tekanan di rongga usus, bahkan tekanan ini akan lebih tinggi daripada tekanan parsial di dalam darah. Akibatnya, gas tersebut akan masuk ke dalam pembuluh darah yang berada di dinding usus, kemudian beredar ke seluruh tubuh.

(Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Ginjal Yang Baik dan Benar)

Dari sudut pandang medis, kentut menunjukkan adanya aktivitas usus yang baik. Seseorang yang baru menjalani operasi , khususnya operasi yang berhubungan dengan organ di dalam perut, perlu menunggu hingga orang yang bersangkutan bisa buang angin sebelum dirinya diperbolehkan untuk makan dan minum, Dalam dunia kedokteran, kentut bisa menjadi petunjuk bahwa fungsi organ pencernaan telah berfungsi secara normal.

Seberapa sering kita harus kentut?

14 kali aktivitas kentut atau 750 ml gas perhari adalah jumlah rata – rata normal yang terjadi pada setiap orang. Jika kurang atau lebih dari jumlah tersebut bisa jadi kalian mengalami masalah pada gastrointestinal (organ pencernaan). Mengingat proses pembuangan gas dari dalam tubuh merupakan proses alami yang tidak dapat dicegah. Jadi, yang perlu menjadi perhatian adalah pada etika dalam mengeluarkan gas dari tubuh kita. Jangan malu lagi ya kalau kentut itu sehat.

Bagaimana bau kentut bisa sampai ke hidung orang lain?

Tergantung kondisi udara, seperti kelembaban, suhu, kecepatan dan arah angin, berat molekul gas kentut, jarak antara ‘transmitter’ dengan ‘receiver’. Nah, itulah beberapa faktor yang mempengaruhi lambat atau cepatnya bau kentut sampai ke hidung orang lain. Begitu meninggalkan sumbernya, gas kentut menyebar dan konsentrasinya berkurang. Kalau kentut tidak terdeteksi dalam beberapa detik, berarti mengalami pengenceran di udara dan hilang ditelan udara selama – lamanya. Kecuali kalau kalian kentut di ruang sempit, seperti lift, mobil, maka konsentrasinya lebih banyak. Sehingga baunya akan tinggal dalam waktu lama sampai akhirnya diserap oleh hidung.

(Baca juga : Cara Memancungkan Hidung Secara Alami)

Nah, begitu pentingnya kentut itu bagi kesehatan, jadi kalau kita merasakan ingin kentut sebaiknya jangan ditahan, keluarkan. Tapi ingat, jangan dikeluarkan sembarangan. Hal itu bisa membuat orang sekitar kita terganggu. Sekarang sudah tahu kan manfaat kentut itu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada keluarga, teman, saudara atau geberan kalian. Supaya mereka tahu dan tidak malu kalau kentut itu sehat. Semoga bermanfaat, terima kasih.

22 Shares
Share21
+11
Tweet
Share
Pin