11 Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami dan Penyebabnya

cara mengatasi kebotakan

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Kebotakan – Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami dan Penyebabnya. Rambut rontok merupakan salah satu masalah klasik yang harus dihadapi pria. Menurut American Academy of Dermatology, setengah dari jumlah pria botak mengalami kebotakan pada usia 50 tahun. Gen mempunyai peran yang besar dalam hal ini. Para pakar rambut sepakat bahwa, tidak banyak yang bisa dilakukan terhadap kebotakan terkait faktor genetik. Meskipun beberapa obat dapat mengurangi terjadinya kebotakan. Yang paling populer adalah minoxidil (Rogaine) dan finasteride (Propecia). Yang mana keduanya terbilang cukup efektif mengatasi kebotakan, namun memiliki efek samping yang serius.

Meskipun demikian, ada banyak penyebab rambut rontok yang dapat kalian ketahui. Menurut Dr. Schwartz, seorang penulis dari Healthy Balance yaitu majalah kesehatan wanita. Sesuatu yang sederhana seperti mengubah cara perawatan rambut bisa membuat rambut tumbuh kembali. Rambut yang mati, bisa diakibatkan karena terlalu sering dikepang ketat. Di sisi lain, penggunaan relaxers kimia serta perlakuan kasar lainnya dapat menyebabkan rambut rontok. “Bahkan hanya dengan menarik rambut kalian terlalu ketat pada saat ingin menguncir rambut juga dapat menyebabkan rambut rontok,” ujar Dr Scwhartz. The American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan conditioner secara teratur dan membatasi penggunaan pengering serta pengeriting rambut.

Pengobatan dan obat tertentu juga dapat menyebabkan rambut rontok. “Kita tahu bahwa orang yang menjalani kemoterapi dan radiasi terkait kanker akan mengalami kerontokan rambut. Akan tetapi tidak banyak orang yang berbicara tentang bagaimana antibiotik yang dapat menyebabkan rambut rontok. Stres juga dapat menyebabkan rambut rontok. “Merawat diri sendiri akan membantu rambut anda tumbuh kembali,” kata Dr Scwartz. Pola makan sehat, tidur yang cukup, dan olahraga teratur sangat dianjurkan. Gangguan tiroid juga menyebabkan kerontokan rambut. “Kebanyakan orang yang memiliki masalah tiroid akan kehilangan rambut,” kata Dr Schwartz. Rambut yang menipis, menjadi kasar, dan cepat lelah adalah tanda-tanda umum dari kerusakan tiroid.

Inilah Penyebab Rambut Rontok atau Kebotakan

1. Faktor Stres

Stres merupakan penyebab utama dari kebotakan. Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan bisa membuat kepala kalian botak. Lihat saja para profesor atau orang yang pekerjaannya banyak mikir pasti memiliki kepala botak. Rambut mereka rontok karena terlalu sering berpikir dan berujung pada stres. Jadi, jika kalian tidak ingin stres, tentunya kalian harus sering berlibur dan bersantai. Hilangkan beban pikiran kalian.

2. Faktor Usia

Usia juga bisa mempengaruhi rambut rontok serta kebotakan hlo. Faktor usia bisa membuat kekuatan rambut menurun sehingga bisa menyebabkan rambut rontok dan mengalami kebotakan. Lihat saja orang yang sudah berusia 50 tahun keatas pasti banyak yang mengalami kebotakan.

3. Faktor Keturunan atau Gen

Jika ayah ataupun kakek kalian ada yang botak, maka bersiaplah keturunannya bisa mengalami kebotakan. Ya, memang pada umumnya gen itu bisa mempengaruhi keturunannya. Untuk itu, jika kalian mempunyai masalah kebotakan karena faktor keturunan. Maka bersiaplah untuk mencegah kebotakan tersebut.

4. Faktor Penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa membuat rambut botak, seperti ALS, penyakit pada sel saraf otak dan penyakit sumsum tulang belakang.

5. Pola Hidup Yang Buruk

Pola hidup yang buruk bisa membuat rambut kalian mengalami kebotakan. Kebiasaan merokok dan meminum alkohol bisa membuat rambut kalian rontok. Untuk itu hindarilah kebiasaan buruk ini mulai sekarang.

(Baca juga : Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok Dengan Cepat)

6. Faktor Obat – obatan

Obat – obatan yang mempunyai efek rambut rontok yaitu obat asam urat, obat kemoterapi, obat anti depresi, obat pengencer darah dan masih banyak lagi. Akan tetapi, efek dari obat ini bisa berhenti jika kalian sudah tidak mengkonsumsinya lagi.

7. Kekurangan Nutrisi

Kekurangan nutrisi juga bisa membuat rambut kalian rontok dan bisa menyebabkan kebotakan. Dr Schwartz merekomendasikan nutrisi-nutrisi penting yang sebaiknya anda penuhi untuk pertumbuhan rambut, diantaranya adalah :

Zat besi

Para dermatologi di Cleveland Clinic telah menghubungkan antara kekurangan zat besi (dengan atau tanpa anemia) dengan kerontokan rambut, dan telah menemukan bahwa mengatasi kekurangan zat besi dapat memaksimalkan kemampuan pasien untuk menumbuhkan rambutnya kembali. Zat besi bisa diperoleh dari daging merah, sayuran berdaun gelap, biji-bijian, telur, dan tiram.

Magnesium

Kekurangan magnesium, dalam kaitannya dengan kadar kalsium, dapat menyebabkan rambut rontok. Untuk memperbaikinya, kurangi asupan gula dan konsumsilah bayam, biji labu, mackerel, dan lentil.

Selenium

Selenium merangsang pertumbuhan folikel rambut. Sebuah penelitian tahun 2010 menemukan bahwa kadar selenium yang rendah menyebabkan kelainan pada folikel rambut dan rambut rontok. Selenium bisa dijumpai pada kacang Brazil, tuna, dan sarden.

Biotin

Beberapa jenis vitamin B dinilai mempunyai peran penting untuk pertumbuhan rambut, terutama biotin, kata Dr Schwartz. Beberapa ahli percaya bahwa biotin dapat menumbuhkan rambut kembali dan mencegah terjadinya uban prematur. Ragi, kenari, telur, dan sarden adalah makanan-makanan yang mengandung biotin.

Setelah mengetahui penyebab kebotakan rambut atau penyebab rambut rontok. Untuk itu kalian juga bisa mengetahui solusi atau cara mengatasi rambut rontok atau cara mengatasi kebotakan secara alami. Ketahui cara mencegah rambut rontok dan ketahui juga cara mencegah kebotakan. Berikut tips mengatasi rambut rontok yang wajib kalian ketahui.

Cara Mengatasi Kebotakan Secara Alami

1. Dengan Menggunakan Minyak Zaitun

Cara mengatasi kebotakan yang pertama yaitu gunakan minyak zaitun. Minyak zaitun merupakan bahan alami untuk mencegah rambut rontok. Bagaimana cara menggunakannya? Simak cara berikut ini:

  • Sebelum memakai minyak zaitun usahakan keramas terlebih dulu
  • Lalu teteskan 5 sampai 6 tetes kemudian pijat kepala kalian
  • Lakukan cara ini pada malam hari dan diamkan sampai pagi
  • Setelah itu bilaslah sampai bersih

2. Gunakan Santan

Selain sebagai campuran makanan, ternyata santan bisa mengobati rambut rontok atau kebotakan. Memang sudah sejak dulu santan digunakan sebagai obat bagi rambut yang rontok. Bagaimana caranya? Berikut caranya:

  • Tuangkan santan kedalam mangkuk sebanyak 400 sampai 500 ml
  • Kemudian oleskan pada kulit kepala dan tutupi dengan handuk selama 20 sampai 30 menit
  • Lalu bilaslah rambut
  • Lakukan secara rutin 3 sampai 5 kali dalam seminggu

3. Gunakan Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun ternyata minyak kelapa juga bisa mengatasi kebotakan atau rambut rontok. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menghilangkan ketombe. Bagaimana caranya? Berikut caranya:

  • Siapkan minyak kelapa
  • Oleskan minyak kelapa pada rambut hingga kulit kepala sampai merata
  • Tunggu beberapa menit lalu bilas
  • Lakukan cara ini secara rutin

4. Gunakan Kuning Telur

Cara mengatasi kebotakan selanjutnya dengan kuning telur. Meskipun baunya amis akan tetapi kuning telur bisa membuat rambut tidak mudah rontok. Bagaimana caranya? berikut ini caranya:

  • Pecahkan telur dan sisihkan kuningnya
  • Kocok sampai merata lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata
  • Tunggu hingga 10 sampai 15 menit
  • Kemudian bilas menggunakan shampo supaya baunya hilang
  • Lakukan cara ini 3 sampai 4 kali dalam seminggu

5. Gunakan Teh Hijau

Cara mengatasi kebotakan berikutnya dengan teh hijau. Teh hijau yang banyak dikonsumsi juga bisa mengatasi rambut rontok. Kandungan antioksidan pada teh hijua dapat membuat sirkulasi darah ke kepala menjadi lancar. Bagaimana caranya? berikut cara melakukannya:

  • Seduh teh hijau terlebih dahulu
  • Lalu basahi rambut kalian dengan teh hijau tadi dan tutup menggunakan handuk selama 15 menit
  • Setelah itu bilaslah sampai bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin

(Baca juga : Manfaat Ampas Teh Untuk Kecantikan)

6. Gunakan Kulit Apel

Cara mengatasi kebotakan selanjutnya dengan kulit apel. Kulit apel yang mengandung banyak vitamin bisa menumbuhkan rambut dengan cepat. Hal ini bisa mencegah rambut rontok atau kebotakan. Bagaimana caranya? Simak cara berikut ini:

  • Kupas apel lalu pisahkan kulitnya
  • Setelah itu haluskan kulit apel dan oleskan pada rambut sampai merata
  • Tunggu hingga 15 sampai 20 menit
  • Setelah itu bilas sampai bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin

7. Gunakan Biji Kemiri

Tahukah kalian bahwa biji kemiri bisa membuat rambut tumbuh lebih cepat. Hal ini dikarenakan di dalam biji kemiri terdapat kandungan yang bisa membuat subur rambut. Bagaimana caranya? lakukan cara berikut ini:

  • Haluskan biji kemiri terlebih dulu
  • Lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata
  • Bungkus dengan handuk selama beberapa menit
  • Lalu bilas sampai bersih
  • Lakukan cara ini secara rutin

8. Gunakan Ginkgo Biloba

Ginkgo Biloba merupakan tanamana dari Cina yang khasiatnya bagus untuk pertumbuhan rambut. Selain itu, tanaman ini juga banyak dimanfaat untuk penyembuhan penyakit. Ginkgo biloba banyak ditemukan di apotek atau toko obat di sekitar anda. Lalu bagaimana caranya? Simak cara berikut:

  • Siapkan Ginkgo Biloba lalu oleskan pada rambut
  • Tunggu beberapa menit
  • Lalu bilas sampai bersih
  • Lakukan secara rutin

9. Gunakan Cuka

Cara mengatasi kebotakan berikutnya dengan cuka. Cuka yang baunya tidak terlalu enak ternyata bermanfaat untuk kesehatan rambut. Kandungan kalium dan enzim pada cuka bisa merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah ketombe. Bagaimana caranya? Berikut caranya:

  • Siapkan cuka secukupnya
  • Lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata
  • Tunggu beberapa menit lalu bilas dengan shampo
  • Lakukan secara rutin

10. Lidah Buaya

Kalian sudah pasti tahu bahwa lidah buaya sangat bagus untuk kesehatan rambut. Ya, sudah banyak produk kecantikan yang memanfaatkan lidah buaya sebagai bahan utamanya. Bagaiaman cara penggunaannya? Berikut caranya:

  • Siapkan beberapa potong lidah buaya
  • Lalu kupas kulit lidah buaya dan ambil dagingnya
  • Gunakan daging lidah buaya yang agak lengket itu untuk dioleskan ke kulit kepala sampai merata
  • Tunggu selama 30 menit
  • Setelah itu bilas sampai bersih
  • Lakukan secara rutin

11. Lada Hitam

Selain biji kemiri, ternyata lada hitam juga bisa menjadi alternatif untuk perawatan rambut. Lada hitam dipercaya bisa membuat rambut tidak mudah rontok. Lalu bagaimana cara penggunaannya? berikut caranya:

  • Campurkan lada hitam dengan yogurt hingga berbentuk pasta
  • Lalu oleskan pada kulit kepala sampai merata
  • Tunggu beberapa menit lalu bilaslah
  • Lakukan secara rutin

Itulah beberapa cara mengatasi kebotakan secara alami yang dapat kalian praktekan sendiri. Sebaiknya lakukan cara diatas secara rutin supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian beberapa tips mengatasi kebotakan yang dapat kalian lakukan. Jangan lupa bahwa tidak semua orang tua mengalami kebotakan. Hal ini tergantung dari beberapa faktor yang sudah disebutkan diatas. Tinggal bagaimana menyikapinya.

Jangan lupa untuk membagikan informasi bermanfaat ini kepada keluarga, teman atau sahabat kalian. Supaya mereka tahu tips mengatasi rambut rontok dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat, terima kasih.

17 Shares
Share16
+11
Tweet
Share
Pin