Inilah Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

bahaya rokok elektrik – Inilah Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan. Jumlah perokok di Inodonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Mulai dari anak – anak muda sampai lanjut usia. tak terkecuali wanita. Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKEDA) tahun 2013. Bahwa perokok di Indonesia mulai usia 10 tahun ke atas berjumlah 58.750.592 orang. Perlu kalian tahu kalau jumlah tersebut sepuluh kali lipat dari seluruh penduduk Singapura. Coba kalian bayangkan saja, pada tahun 2013 terdapat puluhan juta masyarakat di Indonesia menjadi perokok. Padahal dari tahun ke tahun jumlah perokok terus melonjak. Mungkin di tahun 2016 ini bisa jadi jumlah perokok di Indonesia mulai meningkat.

Tapi tahukah kalian, kalau di tahun 2016 ini sempat dihebohkan dengan harga rokok yang melonjak tajam. Hal ini menjadi sebuah perbincangan hangat di kalangan perokok. Berita harga rokok yang naik pun sempat menimbulkan pro dan kontra di kalangan masyarakat. Banyak yang setuju harga rokok naik dan tidak sedikit pula yang tidak setuju harga rokok naik. Bukan penduduk Indonesia kalau tidak bisa mencari solusi lain. Ya, saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang beralih ke rokok elektrik.

Pasti kalian pernah mendengar tentang rokok elektronik yang dianggap aman untuk digunakan. Jenis rokok ini banyak dikatakan sebagai pilihan yang sehat bagi para perokok. Sehingga telah mendapatkan begitu banyak perhatian dari para pengguna tembakau yang tak terhitung jumlahnya dari seluruh dunia.

Dikatakan bahwa dengan rokok elektronik menjadi solusi terbaik karena lebih sehat dan tidak menimbulkan bau yang tidak menyenangkan. Bukan hanya bagi perokok aktif, tapi juga bagi perokok pasif. Sebab, tidak terdapat bahan kimia yang bisa memicu terjadinya kanker. Padahal tidak semuanya benar.

Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

bahaya rokok elektrik

Inilah Bahaya Rokok Elektrik Bagi Kesehatan

Apakah rokok elektronik ini memang benar-benar aman digunakan dan lebih sehat jika dibandingkan dengan rokok biasa? Kami rasa tidak.

Rokok elektrik dikembangkan sebagai alternatif untuk rokok tradisional yang banyak dikonsumsi orang. Terdiri dari pemanas, baterai dan cartridge yang berisi larutan propilen glikol, nikotin dan beberapa bahan kimia lainnya. Cara kerja rokok elektronik ini menggunakan perangkat baterai yang menghasilkan arus listrik. Kemudian bisa bereaksi dengan berbagai macam senyawa atau zat kimia yang ada di dalamnya. Nah, dengan adanya reaksi tersebut, maka akan menimbulkan efek uap dan rasa manis yang mirip saat sedang merokok. Alih – alih menjadi alternatif rokok tembakau, rokok elektrik justru lebih berbahaya dari rokok tembakau biasa.

Rokok elektronik memberikan efek asupan nikotin tanpa memberikan unsur-unsur beracun seperti tembakau, karbon monoksida dan tar yang dikatakan sangat membahayakan paru-paru Anda. Dengan penggunaan rokok elektronik, perokok juga tidak akan memiliki bau mulut serta tidak membuat gigi menjadi kuning.

Pada kenyataannya, rokok elektronik sebenarnya memiliki beberapa efek samping yang tidak menyehatkan, seperti berikut ini:

Menimbulkan Kerusakan Paru – Paru

Bahaya rokok elektrik yang pertama yaitu menimbulkan kerusakan paru – paru. Penggunaan rokok elektronik dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Alasannya adalah bahwa ketika seorang perokok menggunakan jenis rokok ini. Maka mereka akan mengembuskan uap, bukan asap. Dan ini tentu tidak baik untuk paru – paru karena mengarah ke masalah dalam fungsi paru-paru.

Menyebabkan Penyakit Kanker

Bahaya rokok elektrik selanjutnya yaitu bisa menyebabkan penyakit kanker. Mungkin banyak orang mengira kalau rokok elektrik tidak menyebabkan kanker, padahal itu salah besar. Justru rokok elektrik malah memungkinkan untuk memicu sel kanker berkembang lebih cepat. Hal ini karena senyawa yang bernama nitrosamine yang dapat memicu sel kanker pada tubuh. Senyawa ini bisa timbul karena adanya proses pemanasan nikotin cair yang dilarutkan oleh gliserin. Saat rokok kalian dinyalakan, maka baterai akan memicu proses pemanasan tersebut yang menyebabkan senyawa nitrosamine muncul.

Kemungkinan Besar Bisa Terkena Penyakit Jantung

Dikatakan bahwa rokok elektronik tidak akan menyebabkan kanker. Tetapi efek buruk dari rokok elektronik adalah bahwa alat ini dapat memberikan kemungkinan yang lebih besar terhadap penyakit jantung, serta berbagai penyakit lainnya. Sebuah rokok elektronik juga mengandung senyawa penyebab kanker seperti nitrosamin. Para ahli mengatakan bahwa jika rokok elektronik ini tanpa sengaja rusak dan pecah, maka seseorang dapat terkena komponen berbahaya.

Rokok Elektrik Merupakan Racun

Bahaya rokok elektrik berikutnya yaitu sebagai racun di tubuh. Di dalam rokok elektrik terdapat komponen anti – beku. Senyawa inilah yang merupakan racun bagi manusia dan dapat memberi pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Hal ini juga bisa mengganggu pernapasan. Senyawa ini adalah salah satu efek buruk terbesar dan paling utama dari mengkonsumsi rokok elektronik.

Dapat Menimbulkan Kerusakan Otak

Bahaya rokok elektrik selanjutnya bisa menimbulkan kerusakan otak. Salah satu pengaruh buruk lainnya dari rokok elektronik ini yaitu mengandung Tetramethylpyrazine. Apabila seseorang terlibat kontak langsung dalam jangka waktu terlalu lama dengan senyawa ini. Maka Tetramethylpyrazine dapat menyebabkan terjadinya kerusakan otak. Oleh karena itu, cara yang terbaik adalah menghindari penggunaan rokok elektronik.

Menimbulkan Polusi Udara

Bahaya rokok elektrik kali ini bisa menimbulkan polusi udara. Sama halnya dengan rokok tembakau biasa bahwa rokok elektrik juga dapat menimbulkan polusi udara. Saat kalian menghisap rokok elektrik lalu akan keluar kepulan asap. Nah, kepulan asap itulah yang membuat polusi udara. Sekecil apapun asap yang keluar, akan tetap saja dapat merusak kualitas udara. Terlebih lagi asap yang keluar dari rokok elektrik ini memiliki kandungan formalin dan senyawa karsinogenik. Senyawa ini bisa membahayakan kesehatan orang – orang di sekitar kalian. Untuk itu berhentilah merokok mulai sekarang demi kesehatan kalian dan keluarga.

(Baca juga : Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok Dengan Cepat)

Memberikan Efek Kecanduan

Bahaya rokok elektrik berikutnya bisa memberikan efek kecanduan. Kalian sudah tahu kan kalau tidak hanya rokok tembakau saja yang memberikan efek kecanduan. Akan tetapi rokok elektrik juga bisa memberikan efek yang sama. Rokok elektrik yang memiliki kandungan nikotin cair yang memiliki efek candu sama seperti narkoba. Efek candu dari rokok elektrik tidak kalah hebat dari kecanduan narkoba.

Penyempitan Arteri

Bahaya rokok elektrik selanjutnya yaitu bisa menimbulkan penyempitan arteri. Nikotin yang terdapat dalam rokok elektrik bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan arteri menyempit. Arteri di dalam tubuh akan mengalami penyempitan, karena adanya kenaikan tekanan darah akibat dari nikotin yang masuk. Jika kalian sering memakai rokok elektrik, maka mulai sekarang kalian harus berhenti.

(Baca juga : Cara Mengobati Penyakit Ginjal)

Mengganggu Peredaran Oksigen ke Seluruh Tubuh

Bahaya rokok elektrik juga bisa mengganggu peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Setelah menyebabkan arteri menyempit lalu sekarang dapat mengganggu peredaran oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini memang berkaitan karena jika arteri menyempit maka secara otomatis peredaran oksigen agak terganggu. Selain itu, rokok elektrik juga memiliki kandungan karbonmonoksida yang bisa membatasi jumlah oksigen yang masuk. Jika oksigen terbatas, maka kemungkinan dapat menyebabkan berbagai masalah yang buruk bagi kesehatan.

Rokok Elektrik Bisa Meledak

Bahaya rokok elektrik yang terakhir yaitu bisa meledak sewaktu – waktu. Kasus rokok elektrik meledak ini memang pernah terjadi. Beberapa waktu lalu ada pria yang dilarikan ke rumah sakit karena mulutnya terbakar. Setelah dilihat, ternyata penyebabnya karena rokok elektrik yang dipakainya meledak. Hal ini bisa terjadi karena dalam rokok elektrik terdapat arus listrik yang efeknya bisa membuat ledakan.

Nah, sekarang udah tahu kan bagaimana bahaya rokok elektrik. Untuk itu mulai sekarang berhentilah merokok karena tidak akan selamanya rokok itu menyehatkan.

Merokok adalah kebiasaan buruk yang dapat membunuh kalian perlahan-lahan, tanpa memandang jenis rokok apa yang digunakan. Setiap orang tahu efek buruk yang disebabkan oleh rokok. Akan tetapi mereka cenderung untuk mengabaikan hal – hal tersebut demi kesenangan sendiri.

Jadi, meskipun rokok elektronik dikatakan kurang berbahaya dibandingkan dengan rokok biasa, hal tersebut tetap masih merupakan ancaman bagi perokok.

Demikian artikel ini dibuat supaya bisa menjadi sumber referensi yang baik bagi semua orang. Bagikan artikel ini kepada teman, saudara kalian yang menjadi perokok aktif supaya terhindar dari bahaya merokok.

27 Shares
Share26
+11
Tweet
Share
Pin