Manfaat Bunga Kamboja Untuk Pengobatan Herbal

manfaat bunga kamboja

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Pengobatan Herbal

RAGAMKESEHATAN.COM – Manfaat Bunga Kamboja Untuk Pengobatan Herbal. Bunga kamboja? Terdengar dari nama sebuah negara di benua Asia bukan? Tepatnya di Asia Tenggara yang juga merupakan tetangga dari negara tercinta kita ini, Indonesia. Bicara tentang bunga kamboja, di Indonesia sendiri sudah banyak dijumpai bermacam – macam bunga terutama bunga kamboja ini. Pada umumnya bunga ini memang sudah banyak ditanam di halaman rumah ataupun sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan. Dibalik warnanya yang cantik dan terlihat indah, ternyata tanaman ini juga mempunyai beberapa fakta yang unik dan yang tidak terduga. Pasalnya bunga kamboja ini yang dalam bahasa jawa biasa disebut bunga semoboja ditemukan oleh seorang petani yang berasal dari Perancis pada abad ke 16. Di negara – negara seperti Jepang, Taiwan dan juga di Cina, bunga kamboja juga sudah banyak dimanfaatkan. Khasiat bunga kamboja sendiri sudah dimanfaatkan negara lain menjadi teh seduh, minyak wangi hingga obat nyamuk. Tak hanya itu, bunga kamboja juga sendiri juga bisa diolah menjadi makanan yang enak dan menyehatkan.

Manfaat Bunga Kamboja Untuk Pengobatan Herbal

Manfaat bunga kamboja yang sudah dikeringkan yaitu bisa menurunkan suhu tubuh, mengobati bibir pecah – pecah, mengobati radang gusi atau tenggorokan sampai digunakan untuk menambah nafsu makan. Ternyata manfaat bunga kamboja untuk kecantikan juga ada yaitu sebagai penambah nutrisi dan menjaga elastisitas pada kulit. Selain itu, bunga kamboja juga bisa melembabkan serta melembutkan kulit karena di dalam bunga kamboja banyak mengandung emolien dan vitamin E yang sangat sehat untuk kulit. Selain bagus untuk kecantikan, ternyata bunga kamboja juga dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari mengobati bengkak sampai mengobati kencing nanah. Nah, langsung saja kami berikan manfaat bunga kamboja untuk pengobatan herbal. Simak ulasan berikut.

Untuk Mengobati Bengkak

Hal pertama yang kita bahas tentang manfaat bunga kamboja yaitu untuk mengobati bengkak. Biasanya, pembengkakan yang sering terjadi disebabkan oleh sengatan serangga atau terkena benturan benda keras. Nah, untuk mengobatinya bisa menggunakan bunga kamboja. Seperti ini caranya:

  • Siapkan satu sirap bunga kamboja dan cuci sampai bersih.
  • Giling bunga kamboja sampai halus lalu rebus hingga mendidih.
  • Setelah itu gunakan air rebusan tadi untuk merendam tubuh yang membengkak.

Untuk Mengobati Gigi Berlubang

Kemudian manfaat bunga kamboja lainnya yaitu untuk mengobati gigi yang berlubang. Pernahkah kalian merasakan sakitnya saat gigi berlubang? Saat merasa sakit gigi ini kalian pasti mudah marah – marah karena hal – hal yang sepele seperti suara yang bising. Oleh karena itu supaya sakit gigi kalian sembuh coba gunakan bunga kamboja sebagai pengobatannya. Caranya seperti ini:

  • Ambil getah pohon bunga kamboja menggunakan kapas yang bersih.
  • Kemudian oleskan getah tadi pada bagian gigi yang berlubang. Cukup simpel kan?

Untuk Mengobati Panu

Selanjutnya manfaat bunga kamboja sendiri yaitu sebagai obat untuk penyakit panu. Penyakit kulit seperti ini biasa terjadi bagi orang – orang yang tinggal di daerah tropis, pasalnya suhu yang mudah berubah dapat membuat jamur di kulit mudah tumbuh. Tapi tenang saja ada berbagai banyak cara untuk mengobati penyakit panu salah satunya menggunakan bunga kamboja. Caranya:

  • Siapkan kulit pada batang bunga kamboja.
  • Lalu rebus dengan air hingga mendidih.
  • Setelah itu gunakan air rebausan tadi untuk mandi atau mencuci bagian tubuh yang ada panunya.

Untuk Mengobati Bisul

Lalu manfaat bunga kamboja lainnya yaitu sebagai obat untuk menyembuhkan bisul. Ya, bisul yang kerap terjadi pada tubuh sangat mengganggu aktivitas sehari – hari karena saat bisul terkena sentuhan, maka akan menyebabkan rasa sakit. Untuk itu kita dapat memanfaatkan bunga kamboja sebagai obatnya. Caranya seperti ini:

  • Siapkan daun bunga kamboja dan cuci sampai bersih.
  • Lalu olesi daun bunga kamboja tadi dengan minyak kelapa.
  • Tempelkan daun bunga kamboja tadi yang sudah diolesi minyak kelapa pada bagian tubuh yang terkena bisul.
  • Lakukan cara ini secara rutin sampai bisul sembuh.

Untuk Menghaluskan Kaki Yang Pecah – pecah

Manfaat bunga kamboja selanjutnya yaitu untuk menghaluskan kaki yang pecah – pecah. Jika kalian memiliki kulit kaki yang pecah – pecah pastinya akan membuat penampilan kalian kurang sempurna bukan? Kalian juga akan kurang percaya diri saat memakai sepatu ataupun sandal. Nah, untuk membuat kulit kaki kalian halus, maka gunakanlah bunga kamboja sebagai obatnya. Seperti ini caranya:

  • Siapkan satu potong kulit bunga kamboja kemudian rebus bersama air sebanyak 3 liter.
  • Setelah mendidih tunggu airnya sedikit hangat.
  • Lalu rendam kaki kalian yang pecah – pecah menggunakan air tersebut.
  • Lakukan cara ini secara rutin satu kali sehari.

Untuk Melancarkan Pencernaan

Selanjutnya manfaat bunga kamboja juga sebagai obat untuk melancarkan pencernaan. Jika kalian mempunyai masalah tentang pencernaan sebaiknya konsumsi bunga kamboja ini dengan cara dibuat teh. Karena dengan seduhan teh bunga kamboja dipercaya membuat kesejukan untuk organ pencernaan yang sedang bermasalah. Cara membuatnya:

  • Siapkan bunga kamboja secukupnya.
  • Jemur hingga bunga kamboja mengering.
  • Lalu seduh bunga kamboja dengan air hangat.

Untuk Mengobati Borok

Selain dimanfaatkan sebagai obat panu dan juga bisul, manfaat bunga kamboja lainnya yaitu untuk mengobati borok. Ya, borok yang sering terjadi ini bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan getah bunga kamboja. Caranya seperti ini:

  • Siapkan bunga kamboja lalu ambil getahnya.
  • Kemudian oleskan getah tadi pada area yang terkena borok.
  • Lakukan secara rutin sampai boroka sembuh.

Untuk Mengobati Kencing Nanah

Lalu manfaat bunga kamboja yang terakhir yaitu untuk mengobati kencing nanah. Penyakit ini sering diderita oleh seorang pria, banyak hal yang menyebabkan penyakit seperti ini. Lalu bagaimana cara mengobatinya? Caranya seperti ini:

  • Siapkan sepotong akar bunga kamboja lalu cuci sampai bersih.
  • Kemudian rebus akar bunga kamboja tadi yang sudah bersih dengan segelas air sampai mendidih.
  • Terakhir minum air rebusan tadi sekali dalam sehari hingga sembuh.

Nah, itualah tadi manfaat bunga kamboja yang sering digunakan untuk pengobatan herbal. Akan tetapi, jangan selalu bergantung pada bunga kamboja karena pada getahnya juga mengandung racun. Jadi gunakan bunga kamboja sebagai obat dalam takaran yang cukup, jangan sampai berlebihan. Mungkin itu saja informasi yang dapat diberikan, jika bermanfaat tolong bagikan artikel ini kepada keluarga ataupun teman kalian. Terima kasih.

5 Shares
Share4
+11
Tweet
Share
Pin