Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok Dengan Cepat

cara berhenti dari kebiasaan merokok

Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok

RAGAMKESEHATAN.COM – Cara Berhenti Dari Kebiasaan Merokok Dengan Cepat. Merokok??? Hal ini sudah menjadi sesuatu yang tak mengejutkan di Indonesia, karena kebanyakan pria sudah pernah mencoba yang namanya rokok. Ironinya, sudah banyak generasi muda Indonesia yang mencoba merokok bahkan kecanduan rokok mulai dari anak SD hingga anak SMA, baik itu remaja laki – laki atau wanita. Padahal merokok bisa menyebabkan ketergantungan, hal ini terlihat pada seseorang yang sudah kecanduan dengan rokok, mereka akan merasa aneh kalau dalam sehari saja mereka tidak menghisap rokok meskipun hanya satu batang saja. Selain menyebabkan kecanduan, rokok juga menyebabkan beberapa macam gangguan kesehatan. Apa saja itu? Mari simak bersama – sama.

1. Rambut rontok

Kebiasaan merokok dapat membuat rambut rontok hingga kebotakan karena rokok dapat menurunkan sistem imun pada perokok, sehingga rentan terserang penyakit dan virus yaitu salah satunya lupus erythematosus. Penyakit ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti rambut rontok, kebotakan, sariawan, bintik merah pada wajah, tangan dan kulit kepala.

2. Katarak

Dengan merokok juga dapat menyebabkan gangguan pada mata, salah satunya adalah katarak. Katarak merupakan penyakit yang menutupi bagian lensa mata dan berwarna putih susu, sehingga dapat mengakibatkan kebutaan. Hal ini bisa terjadi karena rokok melepaskan zat kimia pada paru – paru yang kemudian dibawa oleh aliran darah hingga menuju mata sampai zat tersebut menumpuk dan dapat menutupi lensa mata.

3. Penyakit kulit

Bagi kalian yang tidak ingin menderita penyakit kulit, disarankan untuk menghindari kebiasaan merokok karena dengan merokok dapat merusak protein, menghambat aliran darah dan mengikis vitamin A, sehingga mengakibatkan kulit kering, keriput dan tidak elastis.

4. Dapat memicu pertumbuhan sel kanker

Jika kalian ingin menghindari terjadinya penyakit kanker maka kalian harus menghindari kebiasaan merokok karena dalam satu batang rokok terdapat 40 macam kandungan zat karsinogen. Zat ini dapat memperbesar resiko terkena kanker, seperti kanker paru paru, kanker kerongkongan, kanker mulut dan bibir. Selain itu bagi perokok wanita dapat menyebabkan resiko terkena kanker uterus atau kanker mulut dan kanker rahim.

5. Mengakibatkan tuli

Hal ini dapat terjadi karena merokok dapat menimbulkan penyumbatan pada pembuluh darah berupa endapan yang bisa menghambat aliran darah ke telinga.

6. Pengeroposan tulang

Merokok juga dapat membuat tulang menjadi keropos karena kepadatan tulang semakin menurun yang diakibatkan menurunnya kadar oksigen dalam tubuh, sehingga terjadilah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

7. Mengakibatkan gigi menjadi kuning

Kebiasaan merokok yang terus – menerus juga mengakibatkan gigi kuning, plak dan karang gigi yang disebabkan oleh zat nikotin.

8. Emphysema

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang paru – paru, hal ini mengakibatkan kerusakan dan pelebaran kantung udara, sehingga dapat menurunkan kapasitas paru – paru untuk menampung dan menghirup udara.

Cara berhenti dari kebiasaan merokok

Melihat bahaya dari kebiasaan merokok yang sudah tercantum diatas bisa dibilang mengerikan, maka mulai sekarang harus mengerti cara mengurangi kebiasaan merokok bagi kalian yang masih menjadi perokok aktif maupun yang sudah kecanduan rokok, mencoba berhentilah dari kebiasaan buruk tersebut. Sebelum terlambat sebaiknya hindari merokok supaya tidak terserang berbagai masalah kesehatan yang sudah dijelaskan di atas. Sekalian saja pada kesempatan kali ini akan membahas secara lengkap tentang cara berhenti dari kebiasaan merokok dengan cepat. Mari kita simak cara berhenti merokok dari artikel yang berjudul cara berhenti dari kebiasaan merokok berikut ini.

1. Tekad kuat untuk berhenti merokok

Untuk mencoba menghentikan kebiasaan merokok pertama kita mulai dari tekad kita untuk berhenti merokok, bulatkan tekad kalian bulatkan niat kalian dan jangan pernah sentuh lagi rokok. Bagi kalian yang sudah kecanduan rokok coba kurangi porsi merokok misal dari sehari 6 batang rokok coba kurangi menjadi 3 batang, kalau berhasil coba kurangi lagi sampai kalian tidak ketergantungan dengan rokok.

2. Hindari stress

Saat mengalami stress, seorang perokok langsung menyalakan rokoknya supaya dapat menenangkan pikirannya. Padahal ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stress seperti curhat tentang masalah kepada teman atau minta solusi bagaimana bisa melewati semua masalah atau mungkin pergi berlibur untuk mengurangi stress.

3. Membiasakan pola hidup sehat

Biasakan pola hidup sehat seperti berolahraga, memakan makanan yang sehat, tidur tepat waktu, mungkin hal – hal tersebut bisa menurunkan resiko kecanduan rokok. Sebab, kebiasaan – kebiasaan yang salah seperti begadang, merokok sambil minum minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan seseorang menjadi kecanduan rokok.

4. Mencari kesibukan yang positif

Dengan menyibukkan diri dari hal yang positif bisa saja membantu seseorang terlepas dari kecanduan merokok, karena dengan menyibukkan diri dengan aktivitas yang positif seperti berolahraga dapat mengurangi bahkan menghilangkan kesempatan untuk merokok. Saran saya sebaiknya ganti rokok dengan permen yang mengandung rasa mint karena bisa menjadi alternatif untuk pengganti rokok.

5. Perbanyak minum air putih

Pasti kalian sudah tahu bahwa dahsyatnya manfaat mengkonsumsi air putih setiap hari bagi kesehatan tubuh. Dengan meminum air putih secara rutin dapat mencegah dehidrasi dan dapat mengeluarkan racun yang terdapat dalam rokok dari dalam tubuh dengan cepat, maka perbanyak minum air putih minimal 8 gelas per hari agar dapat membantu kalian terhindar dari kebiasaan dan bahaya merokok.

Demikian informasi yang dapat diberikan pada artikel cara berhenti dari kebiasaan merokok kali ini, catatan untuk kalian yang sudah menjadi pecandu rokok, mulai sekarang berhentilah merokok sebelum kesehatan kalian yang menjadi korbannya. Pada awalnya merokok memang tidak baik bagi kesehatan akan tetapi kebiasaan merokok bisa dihilangkan dengan niat dan tekad yang bulat bahwa ingin berhenti merokok sekarang juga. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat.

22 Shares
Share21
+11
Tweet
Share
Pin