Tips Merawat Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Tips Merawat Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Tips Merawat Organ Reproduksi Pria dan Wanita

RAGAMKESEHATAN.COM – Tips Merawat Organ Reproduksi Pria dan Wanita. Jika kita berbicara tentang masalah organ reproduksi berarti kita juga berbicara tentang tanggung jawab pada diri kita sendiri. Mengapa demikian? Karena berawal dari kebersihan organ reproduksi berarti menyangkut tentang kebersihan tubuh secara keseluruhan. Cara merawat kesehatan organ reproduksi bisa dimulai dari kebiasaan kita sehari – hari, seperti tidak memakai celana yang terlalu ketat, tidak menggunakan atau meletakkan alat – alat elektronik seperti handphone, tablet, laptop dan lainnya. Asal kalian tahu bahwa gadget atau alat elektronik yang panas dapat mengakibatkan kualitas sperma berkurang. Pun begitu dengan pemakaian celana yang ketat yang terus menerus, juga dapat mengganggu kesehatan organ reproduksi. Selain dimulai dari kebiasaan sehari – hari, mulai sekarang tanamkanlah prinsip untuk berhubungan badan lebih dari satu pasangan. Hal seperti ini dapat menyebabkan penularan penyakit kelamin seperti HIV atau AIDS. Mengerikan bukan?

Khusus organ reproduksi bagi wanita, memang tidak mudah untuk merawatnya. Jika kalian para wanita tidak pintar dalam merawat organ reproduksi, maka banyak penyakit yang disebabkan jamur, bakteri dan virus akan menyerang alat reproduksi kalian. Memang pada wanita harus sangat berhati – hati untuk merawatnya, salah – salah organ reproduksinya bukannya sehat malah mengalami gangguan. Wanita yang pintar pasti tahu bagaimana cara merawat organ reproduksi dengan baik seperti halnya merawat diri sendiri. Nah, pada artikel ini akan dijelaskan secara lengkap tips merawat organ reproduksi bagi pria dan wanita. Apa saja itu? Mari kita simak:

Tips Merawat Organ Reproduksi Pria

1. Membersihkan organ reproduksi secara rutin

Tips pertama yaitu sering – seringlah membersihkan alat reproduksi kalian secara rutin, biasakan setiap buang air kecil alias pipis untuk membilasnya dengan air bersih supaya bekas air seni yang menempel pada ujung penis hilang dan tidak berbau.

2. Memakai celana dalam yang bersih dan higienis

Biasakan untuk selalu mengganti pakaian dalam kalian paling tidak 2 kali sehari, hal ini untuk menghindari tumbuhnya kuman dan bakteri jika si pengguna mudah berkeringat.

3. Mencukur bulu kemaluan secara berkala

Mencukur bulu kemaluan merupakan anjuran dari Rasulullah SAW, jika bulu kemaluan sudah memanjang sebaiknya untuk mencukurnya agar tetap pendek, hal ini berguna untuk menghindari tumbuhnya bakteri.

4. Menjaga kelembaban organ reproduksi

Menjaga kelembaban organ reproduksi juga termasuk hal yang penting untuk merawat organ reproduksi, jika organ reproduksi pria berada dalam lingkup yang panas, maka sperma yang dihasilkan akan turun kualitasnya. Ini bisa menyebabkan sulit terjadinya pembuahan oleh sel telur dari sang wanita. Jadi hindari penggunaan celana yang ketat dan jangan letakkan gadget dalam keadaan panas di atas paha.

5. Menjaga pola makan

Makanan yang kita makan juga dapat mempengaruhi sistem reproduksi kita, hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, gula secara berlebihan serta hindari kebiasaan merokok.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat organ reproduksi pada pria. Sebaiknya mulai sekarang lakukanlah beberapa tips diatas supaya organ reproduksi kalian sehat dan bisa digunakan dengan baik untuk memperoleh keturunan.

Tips Merawat Organ Reproduksi Wanita

1. Membersihkan vagina secara rutin

Biasakan untuk membilas vagina setelah buang air kecil dan buang air besar, cuci memakai air bersih hingga bersih mulai dari arah depan hingga belakang area vagina. Lakukan kebiasaan ini secara rutin supaya terhindar dari gangguan penyakit yang menyerang organ reproduksi.

2. Hindari penggunaan celana yang ketat

Ternyata penggunaan celana yang ketat bagi wanita dapat menekan otot vagina dan membuat area sekitar menjadi lembab dan dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi.

3. Pemakaian celana dalam yang bersih dan higienis

Biasakan untuk sering mengganti celana dalam sehari 2 kali, kalau cuaca dingin boleh mengganti celana dalam sehari satu kali, tapi jika keadaan panas ganti celana dalam paling tidak 2 kali sehari. Pastikan menggunakan celana dalam yang mudah menyerap keringat.

4. Gunakan pembalut ketika menstruasi

Ketiak wanita mengalami masa menstruasi sebaiknya gunakan pembalut yang mempunyai tekstur yang lembut dan kering supaya tidak terjadi iritasi. Jangan lupa untuk selalu mengganti pembalut ketika aliran darah keluar banyak yang mencapai 5 sampai 6 jam sekali. Karena darah yang tertampung pada pembalut dapat menyebabkan tumbuhnya kuman yang berakibat pada infeksi.

5. Jangan gunakan pantyliner sembarangan

Sebaiknya jangan sembarang menggunakan pantyliner yang beraroma parfum secara rutin setiap hari, hal ini dapat menyebabkan iritasi kulit. Penggunaan pantyliner sebaiknya dilakukan pada saat terjadi keputihan.

6. Hindari cairan khusus secara terus – menerus

Penggunaan cairan yang khusus secara terus – menerus untuk membersihkan organ reproduksi sebaiknya dihindari, hal ini dapat menyebabkan bakteri baik yang ada pada vagina terbunuh dan berujung pada tumbuhnya jamur.

7. Jangan berhubungan badan saat menstruasi

Bagi kalian yang sudah menikah sebaiknya hindari berhubungan badan ketika sang istri sedang menstruasi, karena dinding rahim saat menstruasi cenderung lebih lunak sehingga mudah terluka jika terkena gesekan.

8. Menjaga pola hidup sehat

Mulai sekarang lakukanlah pola hidup yang sehat seperti makan – makanan yang bergizi serta menghindai minuman yang beralkohol serta menghindari kebiasaan merokok. Perbanyaklah melakukan olahraga setiap pagi.

9. Hindari depresi dan stress

Sebagai wanita kita dilarang untuk depresi dan stress, jika kita mengalami depresi dan stress bisa menyebabkan gangguan pada masa menstruasi. Sebaiknya perbanyak refresing seperti traveling atau sebagainya.

Nah, itu tadi beberapa tips merawat organ reproduksi pada wanita. Sebaiknya mulai sekarang lakukanlah beberapa tips diatas supaya organ reproduksi bisa bekerja dengan baik dan dapat memuaskan suami.

Itulah tips merawat organ reproduksi bagi pria dan wanita. Jika kita mempunyai organ reproduksi yang sehat maka bisa menyimbolkan bahwa kita bisa bertanggung jawab atas kebersihan diri sendiri. Untuk itu mulai sekarang jagalah kebersihan tubuh terutama organ reproduksi yang begitu penting untuk perumbuhan jumlah penduduk di masa yang akan datang. Semoga artikel tips merawat organ reproduksi ini bermanfaat.

4 Shares
Share3
+11
Tweet
Share
Pin