Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria

Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria

Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria

RAGAMKESEHATAN.COM – Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria. Seusai menikah tentunya bagi sepasang suami istri ingin secepatnya mempunyai momongan. Itulah salah satu tujuan dari seseorang ingin segera menikah. Siapa sih yang tidak ingin kehadiran seorang bayi ditengah keluarga kecil mereka. Akan tetapi tidak serta merta seseorang menikah bisa langsung mempunyai momongan, mungkin saja ada yang menunda program untuk memiliki momongan karena suatu hal seperti masih fokus terhadap pekerjaan atau karir. Tapi ada juga sepasang suami istri yang belum mendapat momongan di tengah keluarga kecil mereka hanya karena masalah kurang subur baik pria atau wanita.

Tidak sedikit seorang pria yang menderita kemandulan atau kurang subur. Cara mengatasi kemandulan pada pria sering kali membutuhkan waktu yang tidak sedikit dan biayanya pun juga tidak murah karena melibatkan jasa dokter spesialis urologi atau endokrinologi reproduksi untuk menguji sperma. Dokter yang menanganinya pun akan berusaha meningkatkan kesuburan penderita dengan cara memperbaiki masalah yang menjadi penyebabnya atau melakukan perawatan yang kemungkinan dapat mengatasi kemadulan yang diderita.

Cara Mengatasi Kemandulan Pada Pria

Dalam semua kasus kemandulan pada pria, dari pihak istri juga akan diperiksa dan diberi pengobatan jika memungkinkan. Pengobatan pada istri dapat membantu mengimbangu masalah kesuburan pada pria atau suami. Selain itu, dokter juga kemungkinan besar akan menganjurkan penderita meminum obat penyubur atau jika pengobatan tidak memungkinkan lagi, maka dokter biasanya akan merekomendasikan pasien menjalani terapi infertititas berteknologi tinggi seperti program bayi tabung. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membagi cara mengatasi kemandulan pada pria secara alami yang berguna untuk memperbesar peluang mendapatkan momongan. Berikut ulasan lengkapnya.

  • Stop Merokok, Hindari Narkoba, Anabolic Steroid dan Alkohol

Katanya bagi seorang pria tidak merokok itu tidak macho, kata siapa emang? Kalian pasti tahu bahaya dari setiap batang rokok bagi kesehatan tubuh terutama merokok juga bisa membuat seorang pria mandul. Merokok mengurangi jumlah dan mobilitas sperma serta meningkatkan jumlah sperma yang tidak normal. Dengan merokok juga dapat mempengaruhi kadar hormon dan sel – sel di testis yang memproduksi testoteron. Seperti halnya rokok, narkoba ataupun ganja juga dapat mempengaruhi jumlah sperma, mobilitas sperma dan morfologi sperma.

Tak hanya itu, anabolic steroid yang biasa digunakan para atlet juga dapat mengurangi produksi hormon reproduksi dan dapat mengurangi kesuburan. Penggunaan kokain berdampak buruk pada kemampuan sperma untuk menembus lendir serviks. Opiat (heroin, morfin) dapat mengurangi kesuburan pada pria dengan mengubah produksi hormon. Konsumsi alkohol yang berlebih juga dapat menurunkan jumlah sperma. Nah gimana mau diterusin kebiasaan buruknya?

  • Meningkatkan Asupan Vitamin dan Mineral

Beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, vitamin B12, vitamin C, vitamin E dan mineral seperti zinc, selenium, cooper dan L-Argirine sangat baik untuk meningkatkan kesuburan pria. Vitamin C yang bermanfaat untuk mencegah sperma menggumpal dan juga bisa meningkatkan kesuburan pada pria yang suka merokok. Zinc bermanfaat bagi kesuburan pria karena dapat mengatasi masalah pada prostat. Jika seorang pria kekurangan zinc dapat menyebabkan pembesaran prostat yang akhirnya menimbulkan gangguan seksual dan menurunkan kadar testoteron dalam darah.

  • Jangan Sering Berendam di Air Hangat

Jika kalian suka berendam di air hangat untuk menghilangkan rasa lelah, sebaiknya mulai sekarang kurangi kebiasaan tersebut. karena kebiasaan ini tidak baik bagi testis dimana merupakan tempat sperma diproduksi. Berada di ruangan sauna atau di kolam air hangat yang bersuhu lebih besar dari suhu tubuh dapat menurunkan produksi sperma. Mulai sekarang ubahlah kebiasaan tersebut, jika belum juga hilang sebaiknya jangan berendam di air hangat lebih dari 15 menit setiap hari dan usahakan suhu air tetap pada suhu 35 derajat celcius.

  • Hindari Stress Berlebih

Para ahli menyebutkan bahwa stres berlebih akan mengurangi jumlah sperma, penyebabnya kemungkinan karena stres dapat meningkatkan produksi hormon tertentu yang bisa menghambat kinerja seksual pria yang pada akhirnya mempengaruhi fungsi ejakulasi saat berhubungan intim dengan pasangan.

  • Semakin Bergairah Semakin Baik

Ketika bercinta usahakan gairah seks memuncak dan sangat terangsang karena seorang pria yang bergairah tinggi akan mengeluarkan sperma lebih banyak dan lebih kuat. Banyak ahli terapis menyarankan agar foreplay atau percumbuan dilakukan paling tidak 20 menit sebelum melakukan aktivitas berhubungan. Hal seperti itu dapat mengatasi kemandulan pada pria. Gimana?

  • Jangan Memakai Celana Ketat

Beberapa ahli menyarankan bahwa menggunakan celana yang sedikit longgar sebagai pengganti celana ketat dapat menaikkan jumlah sperma, penyebabnya karena suhu testis menjadi sejuk. Pada suhu panas, sperma yang dihasilkan cenderung tidak berkualitas dan bisa menyebabkan ketidak suburan. Sebaiknya pertimbangkan sebelum membeli celana, pilihlah yang sekiranya bermanfaat bagi anda.

  • Hindari Olahraga Berlebih

Sebenarnya olahraga secara berlebih tidak baik bagi kesuburan pria. Dampaknya dapat mengurangi hitungan sperma karena suhu tubuh saat berolahraga meningkat drastis disekitar testis. Sebagai cara mengatasi kemandulan pada pria, maka lakukanlah olahraga secara teratur selama 30 menit setiap hari atau tiga kali dalam seminggu seperti berenang, bersepeda, lari dan masih banyak lagi.

  • Atur Jadwal Berhubungan Intim

Berhubungan badan setiap hari bukan solusi untuk cepat hamil sebab sperma butuh waktu untuk bisa matang dan berkualitas. Paling tidak dibutuhkan waktu tiga hari setelah sperma terakhir dikeluarkan untuk menghasilkan sperma yang sehat lagi. Kehamilan juga tidak akan terjadi jika hubungan seks dilakukan bukan masa subur wanita, meskipun saat itu kualitas sperma bagus. Oleh karena itu aturlah jadwal bercinta dan sesuaikan dengan produksi sperma serta masa ovulasi istri. Begitulah cara mengatasi kemandulan yang sederhana.

  • Hindari Penggunaan Gadget Berlebih

Beberapa penelitian mengemukakan bahwa adanya hubungan antara durasi waktu menggunakan laptop dengan kemandulan pria, terutama laptop yang digunakan dengan cara dipangku dipaha. Hawa panas yang dikeluarkan pada laptop dapat membuat area skrotum ikut menjadi lebih hangat dan dapat mematikan sperma. Begitu pula dengan penggunaan wifi yang memancarkan sinyal, diduga dapat mempengaruhi fungsi reproduksi pria.

  • Jaga Berat Badan Ideal

Terlalu gemuk berarti banyak anggota tubuh yang tertimbun lemak termasuk testis, akibatnya temperatur akan meningkat dan membunuh sperma di dalamnya. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa menurunkan berat badan dapat meningkatkan kesuburan pria. Seperti itu cara mengatasi kemandulan pada pria.

  • Hindari Penggunaan Pelumas

Saat bercinta banyak pasangan suami istri yang menggunakan pelumas terutama yang berbahan dasar minyak agar bercinta lebih lancar. Padahal bahan – bahan seperti itu dapat membunuh sperma atau mengurangi kelincahan geraknya.

  • Hati – hati Dengan Obat Antibiotika

Beberapa jenis obat antibiotik mempengaruhi kualitas sperma dengan menurunkan jumlah dan mobilitas sperma. Jenis antibiotik tersebut seperti nitrofuran dan macrolides. Untuk itu sebaiknya hindari obat – obatan semacam itu, karena hanya akan membuat masalah tentang kesuburan anda.

Jadi kesimpulannya, dengan sedikit melakukan perubahan gaya hidup maka kemandulan dapat diatasi dengan mudah. Tetapi meskipun sudah mendapat pengobatan dan mengikuti terapi yang mahal dan lama, kemandulan tetap tidak bisa disembuhkan. Tenang saja, bagi kalian yang tidak ingin mandul sebaiknya mulai dari sekarang lakukan cara mengatasi kemandulan yang sudah diulas diatas. Semoga saja bisa bermanfaat terima kasih.

7 Shares
Share6
+11
Tweet
Share
Pin