Tips Fitnes Untuk Pemula Yang Cocok

tips fitnes untuk pemula

Tips Fitnes Untuk Pemula Yang Cocok

RAGAMKESEHATAN.COM – Tips Fitnes Untuk Pemula Yang Cocok. Mungkin akan terasa bahagia bagi seorang laki – laki yang memiliki bentuk tubuh yang kekar atau paling tidak ideal. Memiliki bentuk tubuh yang kekar memang idaman para laki – laki, tak hanya itu para wanita pasti akan meleleh jika melihat badan pria yang penuh dengan otot. Tenang saja, jika kalian para laki – laki yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang berotot seperti yang kalian idam – idamkan lakukan kegiatan fitnes. Dengan fitnes kalian akan mendapatkan bentuk tubuh yang benar – benar kalian inginkan.

Jika kalian baru saja memulai fitnes dan ingin sekali melihat tubuh terlihat berotot, maka pada kesempatan kali ini akan diberikan tips fitnes untuk pemula. Cara – cara ini bisa dibilang cukup ampuh dan dijamin akan mengubah penampilan kalian lebih baik lagi dalam waktu singkat. Yang namanya perubahan tentu tidak akan terjadi dalam waktu semalam, ingat ya ini bukan dongeng. Kalian harus sering berlatih secara teratur dan maksimal supaya otot – otot tubuh kalian bisa berkembang dengan pesat. Perlu kesabaran dalam berlatih dan jangan lupa untuk menjaga porsi makan yang bergizi agar otot kalian bisa berkembang secara optimal. Mungkin langsung saja kami berikan tips fitnes untuk pemula, simak ulasan berikut.

Tips Fitnes Untuk Pemula Yang Cocok

  • Lakukan Gerakan Dasar

Untuk kalian yang baru saja memulai melakukan fitnes sebaiknya jangan latihan mengangkat beban yang terlalu berat karena tidak akan banyak membantu. Seorang pemula yang baru saja melakukan fitnes jika langsung berlatih mengangkat beban yang berat dapat mempunyai efek buruk pada otot seperti otot menjadi tegang dan lengan terasa sakit. Jangan tergoda untuk mencoba berbagai variasi latihan fitnes yang kalian baca pada majalah kebugaran karena hal tersebut mungkin saja tidak akan berpengaruh. Jika kalian ingin mendapatkan hasil maksimal dalam waktu relatif singkat sebaiknya lakukan gerakan dasar atau latihan dasar secara terus – menerus. Cobalah untuk melakukan latihan dasar seperti jongkok atau squat, deadlift, dumbbell dan barbell bench press. Dengan memulai latihan dasar juga bisa menyesuaikan tubuh kita sebelum berlatih mengangkat beban yang berat nantinya.

  • Pilih Sebuah Proram Latihan dan Konsistenlah

Jika kalian benar – benar ingin mendapatkan tubuh ideal dalam waktu yang cepat, kalian tidak bisa melakukan latihan secara acak dan tidak teratur. Sebaiknya buat program latihan yang bisa dikerjakan sebagai rutinitas alias dilakukan secara terus – menerus. Jika kalian belum tahu tentang program latihan apa saja yang perlu kalian kerjakan sebaiknya coba tanyakan pada pelatih fitnes atau teman yang sudah ahli di bidang fitnes karena program latihan setiap orang itu berbeda – beda. Hal ini tergantung kondisi tubuh dan tujuan yang ingin dicapai. Sebetulnya memiliki program latihan juga dapat membuat waktu latihan fitnes kalian semakin efisien. Ketika kalian datang ke pusat kebugaran, anda sudah tahu harus melakukan apa saja. Satu hal lagi yang perlu kalian ingat bahwa untuk mendapatkan tubuh ideal dalam kurun waktu yang singkat setelah membuat program latihan, kalian juga harus konsisten untuk melakukan latihan tersebut secara berkala sampai mendapatkan bentuk tubuh yang kalian inginkan.

  • Jangan Berlatih Setiap Hari 

Kalian tidak akan mendapatkan hasil maksimal jika berlatih setiap hari malah kalian hanya akan mendapat rasa sakit. Sebaiknya kalian harus tahu kalau tubuh itu perlu diistirahatkan. Jika kalian bersikeras untuk latihan setiap hari maka tubuh akan kelelahan dan mungkin muncul beberapa cedera yang mengakibatkan pertumbuhan otot kurang maksimal. Latihan yang terlalu jarang juga tidak akan memberi hasil optimal, sebaiknya mulai sekarang buat jadwal latihan kalian atau bisa buat jadwal seperti ini:

Senin : Latihan membentuk badan bagian depan dan lengan

Selasa : Istirahat

Rabu : Latihan membentuk badan bagian belakang dan pinggul

Kamis : Istirahat

Jumat : Latihan membentuk seluruh tubuh

Sabtu : Istirahat

Minggu : Lari atau renang

Bukan seringnya latihan, tapi yang terpenting adalah melakukan latihan sedikit demi sedikit namun rutin. Hal ini akan membuat pertumbuhan otot menjadi lebih maksimal.

  • Pelajari Setiap Latihan Dengan Benar

Latihan fitnes yang benar bukanlah soal seberapa berat barbel yang sanggup kalian angkat, bukan juga soal seberapa banyak kalian bisa mengangkatnya. Akan tetapi, latihan fitnes yang benar adalah soal melakukan latihan dengan gerakan yang tepat dengan frekuensi yang stabil. Biasakan untuk mempelajari terlebih dahulu gerakan yang tepat untuk setiap latihan yang akan dijalani. Jika kalian memilih latihan angkat barbel, maka perhatikan bagaimana posisi tubuh yang tepat dan jangan lupa perhatikan posisi tangan dalam menggenggam batang barbel. Fokuslah pada gerakan yang benar, mulailah dari barbel yang ringan terlebih dahulu sampai menguasai gerakan dengan benar  dan barulah tambah berat barbel sedikit demi sedikit.

  • Fokus Pada Alat Fitnes “Free Weight”

Ketika memasuki pusat kebugaran atau gym, mungkin saja kalian akan melihat berbagai macam alat fitnes yang banyak macamnya. Kalian bisa saja tergoda untuk mencoba semuanya satu per satu alat fitnes. Akan tetapi hal tersebut tidak disarankan bagi seorang pemula, sebaiknya fokuslah pada alat fitnes “free weight” seperti dumbbell dan barbel. Kedua alat tersebut sudah pasti cocok bagi kalian yang baru saja memulai melakukan fitnes karena latihannya tidak terlalu berat.

  • Berhati – hatilah Dalam Latihan 

Saat berlatih, usahakan tetap berada dalam kondisi yang aman. Jangan sampai membuat tubuh anda cedera karena tertimpa alat fitnes ataupun terlalu ngotot melakukan latihan dengan beban yang sangat berat. Sebaiknya ketika kalian sudah memulai latihan fitnes memakai beban yang berat, gunakan sabuk pengaman untuk perlindungan bagian punggung bawah. Mungkin saja kalian tidak memiliki masalah punggung saat ini, tapi jangan sampai di kemudian hari malah menderitanya hanya karena menghiraukan penggunaan sabuk pengaman. Serta jangan lupa ketika kalian berada di pusat kebugaran atau gym berusalah mengajak teman atau kerabat supaya bisa saling tolong menolong dalam membantu menyingkirkan barbel atau alat berat.

Nah, mungkin itu saja beberapa tips fitnes untuk pemula yang dapat kalian praktikan supaya bisa mendapat bentuk tubuh yang kalian inginkan. Sebagai catatan penting, jika kalian ingin mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan latihan secara rutin serta jangan lupa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Semoga tips ini bermanfaat terima kasih.

7 Shares
Share7
+1
Tweet
Share
Pin